Home » Info & Tips » 10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari pada Kucing

10 Jenis Makanan yang Harus Dihindari pada Kucing

Makanan yg dihindari pd kucing
Kucing harus diberikan makanan dengan nutrisi yang cukup sebagai sumber energi agar dapat tumbuh dengan baik dan selalu sehat serta terhindar dari penyakit. Namun demikian, tidak semua makanan dapat diberikan kepada kucing. Masih banyak diantara kita menganggap bahwa makanan yang kita makan juga baik untuk kucing. Beberapa makanan yang dikonsumsi manusia dapat menimbulkan bahaya bagi kucing karena metabolisme mereka berbeda dengan kita. Beberapa makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan, sedangkan yang lainnya dapat menyebabkan penyakit yang parah dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Artikel berikut ini akan dibahas mengenai 10 jenis makanan yang harus dihindari pada kucing.

1. Ikan mentah

Pada ikan mentah terdapat suatu enzim yang disebut dengan thiaminase. Enzim ini dapat menghancurkan tiamin (vitamin B1) di dalam tubuh kucing. Tiamin (vitamin B1) sangat diperlukan untuk fungsi normal otot dan saraf serta berperan penting untuk regenerasi saraf. Pemberian ikan mentah pada kucing dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kucing kekurangan tiamin (vitamin B1). Kucing yang mengalami kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan kejang dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika keadaan ini berlangsung lama. Sebaiknya pemberian ikan kepada kucing harus dimasak terlebih dahulu sehingga dengan pemasakan dapat menghilangkan enzim thiaminase pada ikan.

2. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang harus dihindari pada kucing karena bersifat beracun dan dapat menimbulkan bahaya bagi kucing. Berikut ini bahaya cokelat pada kucing:

• Cokelat mengandung suatu zat yang disebut dengan theobromine yang sangat beracun bagi kucing dan dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan terjadinya serangan jantung pada kucing.
  • Cokelat dapat menyebabkan muntah dan diare pada kucing.
  • Cokelat juga mengandung kafein yang juga dapat menyebabkan dehidrasi pada kucing dan dapat merangsang gangguan jantung dan sistem saraf.
  • Cokelat hitam (dark chocolate) dan baking chocolate mengandung theobromine dan kafein dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga sangat beracun bagi kucing dan dapat mengakibatkan kematian.

3. Bawang merah

Bawang mengandung racun yang mematikan bagi kucing yaitu sufoxides dan disulfide. Kandungan sufoxides dan disulfide pada bawang dapat menghancurkan sel-sel darah merah sehingga dapat menyebabkan anemia pada kucing. Biasanya kucing yang keracunan bawang menunjukkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan dan kelesuan. Sebaiknya jangan memberikan bawang mentah maupun makanan yang mengandung bawang pada kucing anda karena hanya dalam jumlah sedikitpun juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada kucing.

4. Bawang putih

Bawang putih juga dapat menyebabkan keracunan pada kucing. Meskipun bawang putih kurang beracun dibandingkan dengan bawang merah tetapi bawang putih juga dapat merusak sel-sel darah merah pada kucing sehingga kemampuan sel-sel darah merah untuk membawa oksigen menjadi berkurang. Kucing yang mengalami keracunan bawang putih akan menyebabkan anemia.

5. Tomat hijau

Tomat hijau juga termasuk makanan yang dihindari untuk diberikan kepada kucing karena pada tomat hijau mengandung alkaloid (Glycoalkaloid Solanine) yang beracun bagi kucing. Biasanya kucing yang mengalami keracunan akibat memakan tomat hijau dapat menunjukkan gejala gastrointestinal.

6. Kentang

Sama seperti tomat hijau kentang juga mengandung alkaloid (Glycoalkaloid Solanine) yang beracun bagi kucing terutama kentang mentah dan bagian daun dari kentang. Kucing yang mengalami keracunan akibat memakan kentang juga akan menunjukkan gejala gastrointestinal.

7. Anggur dan kismis

Anggur dan kismis juga mengandung racun yang tidak diketahui jenisnya yang dapat berbahaya bagi kucing. Kucing yang diberi anggur atau kismis dapat menyebabkan kegagalan ginjal akut.

8. Telur mentah

Telur terutama bagian putih telur mengandung avidin yang merupakan suatu enzim yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk menyerap biotin (vitamin B7). Pemberian putih telur mentah pada kucing dapat mengakibatkan kucing kekurangan biotin. Selain itu, telur mentah juga dapat mengandung bakteri penyebab penyakit seperti Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit serius pada kucing. Apabila anda ingin memberikan telur kepada kucing sebaiknya direbus terlebih dahulu sehingga dapat menghilangkan kandungan enzim avidin dalam putih telur dan bakteri penyebab penyakit seperti Salmonella.

9. Alpukat

Alpukat mengandung zat yang beracun yaitu persin yang dapat merusak otot jantung pada kucing. Gejala klinis dari keracunan alpukat pada kucing yaitu biasanya ditandai dengan muntah, diare, lesu dan kesulitan bernafas.

10. Susu dan kream

Kucing dewasa yang diberi makanan bergizi sebenarnya tidak membutuhkan susu dan banyak kucing yang tidak tahan dengan susu dan akan mengalami gangguan pencernaan karena kandungan laktosa pada susu. Biasanya setelah anak kucing disapih (disusui) mereka akan kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa (laktosa intoleran) dengan baik terutama pada kucing dewasa yang tidak memiliki enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa pada susu. Pemberian susu dan kream yang mengandung susu dapat menyebabkan sakit perut, kram serta diare pada kucing. Apabila kucing anda sangat suka dengan susu, berikan susu khusus untuk kucing atau dapat memberikan susu untuk laktosa intoleran pada manusia yang dijual di supermarket.

Makanan yg dihindari pd kucing2