Home » Info & Tips » Tips Menitipkan Hewan Peliharaan Anda Saat Liburan

Tips Menitipkan Hewan Peliharaan Anda Saat Liburan

tempat penitipan hewan
Sebentar lagi liburan hari raya Idul Fitri akan segera datang dan tentunya anda telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mudik ke kampung halaman. Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah tentunya akan ada rasa kekawatiran untuk meninggalkan hewan kesayangan anda karena tidak ada orang yang akan merawatnya di rumah. Solusi untuk mengatasi masalah ini tanpa ada rasa khawatir yaitu dengan menitipkan hewan peliharaan anda di jasa penitipan hewan. Saat ini jasa penitipan hewan telah banyak tersedia seperti di petshop, klinik hewan, rumah sakit hewan dan pondok pengayom satwa. Masing-masing tempat jasa layanan tersebut mempunyai tarif yang berbeda-beda.

Sebelum menitipkan hewan peliharaan anda, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Adapun tips menitipkan hewan peliharaan anda saat liburan yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan kesehatan hewan terlebih dahulu. Sebelum datang ke tempat jasa penitipan hewan, pastikan anda mengetahui keadaan hewan yang akan dititipkan dengan rinci seperti kondisi selera makan, kondisi bulu, keadaan kotoran atau feses, kesehatan mata, telinga, apakah ada kutu, jamur dsb.
  2. Sebaiknya hewan divaksinasi terlebih dahulu sebelum dititipkan agar hewan tersebut memiliki kekebalan terhadap serangan penyakit. Meskipun hewan sudah menerima vaksin rutin setiap tahun, alangkah baiknya hewan yang akan dititipkan divaksinasi kembali. Pemberian vaksin sebaiknya minimal 2 minggu sebelum anjing dititipkan karena proses vaksin sampai membentuk kekebalan tubuh minimal membutuhkan waktu 2 minggu.
  3. Hewan diberi obat anti ektoparasit (caplak, pinjal atau kutu) terlebih dahulu sebelum dititipkan. Hal ini untuk mencegah agar hewan tidak tertular ektoparasit dari hewan lainnya yang ada di tempat penitipan. Hewan terserang ektoparasit setelah pulang dari tempat penitipan merupakan masalah yang sering terjadi. Tempat penitipan yang baik selalu mengharuskan hewan untuk diberi obat anti ektoparasit dengan disaksikan oleh staf mereka.

Hal yang harus diperhatikan pada saat berada di tempat penitipan hewan yaitu sebagai berikut:

  1. Memberi informasi kepada petugas atau perawat di tempat penitipan mengenai berapa lama anda akan menitipkan hewan peliharaan anda. Berikan juga informasi kapan perkiraan hewan akan dijemput kembali.
  2. Berikan informasi secara detail tentang kebiasaan hewan peliharaan anda kepada perawat di tempat penitipan seperti merek/jenis makanan yang biasa diberikan kepada hewan, kebiasaan makan, kebiasaan hewan defekasi (membuang kotoran/feses) dll.
  3. Foto hewan peliharaan sebelum masuk ke penitipan juga perlu disiapkan. Ini berguna sebagai gambaran pembanding ketika anda menjemputnya setelah liburan selesai.
  4. Anda dapat membawa makanan dan mainan kesukaan hewan peliharaan anda ke tempat penitipan hewan. Hal ini berguna untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan baru, karena biasanya hewan akan mengalami stress apabila berada pada lingkungan yang baru.
  5. Pastikan anda mengikuti semua proses pengecekan seperti berat badan, kondisi mata, telinga, kesehatan bulu dan lain-lain.
  6. Pastikan juga data-data yang ditulis petugas jasa penitipan hewan adalah benar sesuai hasil pemeriksaan.
  7. Tinggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat (jika perlu 24 jam) kepada petugas jasa penitipan hewan agar mudah dihubungi apabila ada kondisi mendesak.

Hal yang harus diperhatikan selama masa penitipan dan pada saat pengambilan hewan yaitu sebagai berikut:

  1. Selama masa penitipan hewan, luangkan waktu anda untuk menghubungi jasa penitipan hewan untuk memastikan kondisi dari hewan peliharaan anda.
  2. Pada saat menjemput hewan peliharaan anda di tempat penitipan hewan, jangan lupa bawa identitas dan tanda bukti penitipan. Jika anda menugaskan saudara atau orang lain, serahkan kepada mereka tanda bukti penitipan. Jika memungkinkan telepon jasa penitipan hewan terlebih dahulu untuk konfirmasi. Biasanya dalam hal ini petugas jasa penitipan hewan akan sangat berhati-hati, menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
  3. Pada saat menjemput hewan peliharaan di tempat penitipan, pastikan juga anda kembali mengecek kondisi hewan secara keseluruhan dan pastikan tidak ada yang berubah (dalam arti negatif) seperti bekas luka, berat badan turun dan lain sebagainya. Tanyakan kepada petugas jasa penitipan hewan jika ditemui hal-hal seperti ini.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Pengobatan dan Pencegahan Terhadap Infeksi Pseudomonas aeruginosa

  Pseudomonas aeruginosa merupakan flora normal pada tubuh dan tidak akan menimbulkan penyakit selama pertahanan ...

error: Content is protected !!