Home » Info & Tips » Tips Cara Mengenali Daging Ayam yang Berformalin

Tips Cara Mengenali Daging Ayam yang Berformalin

Akhir-akhir ini banyak kita temukan pedagang yang menjual daging ayam yang mengandung formalin di pasar. Banyak pedagang melakukan segala macam cara agar mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ayam yang diberi formalin akan dapat bertahan lama, sehingga ketika daging ayam tidak laku dijual hari ini dapat dijual lagi keesokan harinya. Oleh sebab itu, banyak pedagang nakal yang memanfaatkan hal ini agar mereka tidak rugi. Artikel ini akan membahas mengenai tips cara mengenali daging ayam yang berformalin .

Formalin merupakan cairan tidak berwarna yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, dan pengawet yang digunakan dalam industri tekstil dan kayu. Formalin memiliki bau yang sangat menyengat, dan mudah larut dalam air maupun alkohol. Beberapa pengaruh formalin terhadap kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Jika terhirup akan menyebabkan rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan , sukar bernafas , nafas pendek, sakit kepala, dan dapat menyebabkan kanker paru-paru.
  2. Jika terkena kulit akan menyebabkan kemerahan pada kulit, gatal, dan kulit terbakar
  3. Jika terkena mata akan menyebabkan mata memerah, gatal, berair, kerusakan mata, pandangan kabur, bahkan kebutaan
  4. Jika tertelan akan menyebabkan mual, muntah-muntah, perut terasa perih, diare, sakit kepala, pusing, gangguan jantung, kerusakan hati, kerusakan saraf, kulit membiru, hilangnya pandangan, kejang, bahkan koma dan kematian.

Mengkonsumsi daging ayam yang mengandung formalin tentunya dapat membahayakan kesehatan konsumen. Formalin merupakan senyawa yang beracun bagi tubuh kita. Apabila terkonsumsi dalam konsentrasi tinggi racunnya akan mempengaruhi kerja syaraf. Selain itu, formalin mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker. Secara awam kita tidak dapat mengetahui seberapa besar kadar konsentrat formalin yang digunakan dalam daging ayam sehingga lebih baik hindari membeli daging ayam yang mengandung formalin. Agar kita terhindar dari mengkonsumsi daging ayam yang berformalin, berikut ini tips cara mengenali daging ayam yang berformalin.

  1. Daging ayam berformalin terlihat kaku (terutama bagian paha sampai kaki) dan mengkilat
  2. Warna daging ayam terlihat pucat dibandingkan dengan ayam segar
  3. Cenderung tidak dihinggapi lalat
  4. Jika dicium, dagingnya akan berbau seperti obat (bau khas formalin)
  5. Tekstur daging ayam sangat kencang dan cenderung keras
  6. Tidak busuk atau rusak selama dua hari pada suhu 25 0C
daging-ayam-berformalin

Daging ayam berformalin dan daging ayam segar

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

Pembusukan Oleh Alcaligenes spp. pada Daging

  Keberadaan bakteri pembusukan pada daging ditentukan oleh ketersediaan nutrisi, ketersediaan oksigen, penyimpanan suhu, pH, ...