Home » Info & Tips » Tips Cara Mencegah Kucing Buang Air Sembarangan

Tips Cara Mencegah Kucing Buang Air Sembarangan

Sumber: http://www.vetstreet.com

Memelihara kucing merupakan suatu hal yang menyenangkan. Namun, jika kucing tersebut suka buang air di sembarangan tempat tentunya banyak yang merasa jengkel karena baunya yang sangat menyengat. Membuang air di sembarangan tempat merupakan kebiasaan buruk pada kucing yang sebaiknya harus kita hindari. Disarankan agar sejak dini kucing sudah dibiasakan untuk membuang air pada kotak pasir yang telah kita sediakan, karena akan lebih mudah untuk mengarahkannya. Pencegahan kucing buang air sembarangan tentunya disesuaikan dengan kondisi kucing tersebut. Pada anak kucing sebaiknya menggunakan kotak pasir yang mudah dijangkau. Modifikasi kotak pasir (seperti membuat jembatan buatan pada kotak pasir) perlu dilakukan agar mempermudah kucing melakukan kegiatan urinasi dan defekasi. Kebiasaan buruk kucing suka buang air sembarangan dapat dicegah jika kita memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Adapun tips cara mencegah kucing buang air sembarangan yaitu sebagai berikut:

  1. Sediakan kotak pasir (litter box) khusus untuk satu kucing

Sebaiknya berikan privasi untuk kucing dengan menyediakan satu kotak pasir untuk satu kucing agar kucing lebih nyaman ketika buang air.

  1. Menaruh kotak pasir pada tempat yang tenang

Sebaiknya kotak pasir kucing diletakkan pada tempat yang tenang, hindari tempat yang terlalu ramai yang dapat mengganggu kenyamanan kucing seperti aktivitas hewan lain maupun manusia. Selain itu, sebaiknya kota pasir diletakkan pada tempat yang mudah dilihat atau sering disinggahi kucing seperti di kandang, di ruang khusus kucing atau di tempat bermain kucing.

Baca juga mengenai:

Kenali Perilaku yang Menyimpang pada Kucing Anda

 

  1. Selalu bersihkan kotak pasir kucing

Sebaiknya bersihkan selalu kotak pasir kucing secara rutin. Apabila sudah ada kotoran pada kotak pasir, maka segeralah untuk membersihkannya. Hal ini agar kotak pasir selalu bersih dan tidak berbau. Biasanya kucing akan merasa tidak nyaman jika kotak pasir mereka kotor. Selain itu, pasir juga perlu dicuci setiap satu atau dua minggu sekali menggunakan sabun dan air hangat kemudian dikeringkan.

  1. Letakkan kotak pasir diberbagai tempat

Meletakkan kotak pasir diberbagai tempat yang mudah dijangkau dan sering disinggahi kucing dapat memudahkan kucing untuk buang air pada kontak pasir tanpa harus membutuhkan waktu lama mencari kotak pasirnya.

  1. Gunakan jenis pasir yang sama

Sebaiknya gunakan jenis pasir yang sama yang biasa disukai kucing. Tidak perlu terlalu sering mengganti jenis pasir kucing karena belum tentu jenis pasir yang berbeda cocok dengan kucing. Pasir sangat beragam jenisnya, tetapi tidak semua kucing cocok dengan semua jenis pasir tersebut. Biasanya kucing lebih menyukai jenis pasir yang tidak beraroma wangi serta jenis pasir yang menggumpal karena feses dan urin tidak akan menempel pada tubuh kucing serta pasir masih tetap kering.

  1. Sediakan kotak pasir yang berukuran besar

Sebaiknya sediakan kotak pasir yang berukur besar karena pertumbuhan tubuh kucing (terutama anak kucing) sangat cepat. Kotak pasir yang berukuran besar dapat membuat kucing masuk ke kotak dengan leluasa serta akan membuat kucing lebih nyaman untuk buang air. Idealnya ukuran kotak pasir kucing sebaiknya 1,5 – 2 kali dari ukuran tubuhnya.

Baca juga mengenai:

Pertolongan Pertama Ketika Kucing Mengalami Mencret atau Diare

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Cara Membedakan Kucing yang Terinfeksi Feline Viral Rhinotracheitis dan Feline Calicivirus

Feline viral rhinotracheitis (FVR) dan feline calicivirus (FCV) disebut juga penyakit flu kucing (cat flu). ...

error: Content is protected !!