Home » Info & Tips » Tips Aman Membawa Hewan Kesayangan Saat Liburan

Tips Aman Membawa Hewan Kesayangan Saat Liburan

Hewan dalam perjalanan

Apabila anda berencana liburan atau mudik ke kampung halaman dan membawa hewan kesayangan ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar hewan kesayangan anda merasa nyaman dan tidak stress selama perjalanan. Penanganan yang tidak benar pada hewan selama perjalanan dapat mengakibatkan hewan mengalami stress dan apabila hewan mengalami stress akan lebih mudah bagi hewan tersebut untuk terserang penyakit. Berikut ini akan di jelaskan tips aman membawa hewan kesayangan saat liburan agar terhindar dari hal tersebut.

  1. Sebelum hewan dibawa, pertimbangkan dulu jarak tempuh menuju ke tempat tujuan dan kebiasaan hewan kesayangan anda. Jika hewan belum terbiasa, sebaiknya anda melatih hewan jauh hari sebelum keberangkatan. Cukup dengan diajak jalan-jalan disekitar rumah menggunakan mobil atau sepeda motor.
  2. Pastikan bahwa hewan kesayangan anda dalam kondisi sehat dan prima saat akan bepergian.
  3. Siapkan kandang khusus untuk hewan yang nyaman. Kandang tempat hewan berada selama perjalanan sebaiknya tidak terlalu sempit agar hewan anda dapat merebahkan dirinya dengan leluasa. Namun jangan terlalu luas, agar hewan tidak terlalu terguncang-guncang. Ketika berada di dalam mobil usahakan hewan dimasukkan ke dalam kandang khusus (pet cargo), agar tidak mengganggu penumpang atau sopir dan mencegah melompat keluar.
  4. Siapkan makanan dan minum yang cukup bagi hewan selama perjalanan.
  5. Sediakan rantai pengikat, kertas koran bekas, tissue basah atau kering dan handuk kecil untuk membersihkan air atau kotoran yang dikeluarkan hewan kesayangan anda.
  6. Siapkan juga pasir dan bak pasir agar kucing merasa nyaman selama di perjalanan.
  7. Berikan hewan makanan secukupnya selama perjalanan, jangan terlalu kenyang untuk menghindarkan makanan keluar kembali (dimuntahkan).
  8. Jaga agar hewan tidak dehidrasi selam perjalanan dengan menyediakan air minum yang cukup.
  9. Selama dalam perjalanan usahakan menggunakan AC. Hal ini mencegah panas yang bisa mengakibatkan hewan cepat lelah dan bosan di dalam mobil yang pada akhirnya dapat mengakibatkan stress pada hewan.
  10. Berhentilah sesekali agar hewan dapat beristirahat sejenak. Keluarkan hewan dari kandang dan biarkan ia berjalan-jalan sebentar agar otot-ototnya tidak tegang.
  11. Pastikan kandang selalu dalam keadaan kering, gantilah alas kandang apabila basah.
  12. Minimalkan hewan stres dalam perjalanan. Apabila menggunakan kendaraan pribadi hendaknya melaju dalam kecepatan sewajarnya. Jika terlalu kencang dan berkelok-kelok dapat mengakibatkan hewan stress. Sebaiknya gunakan kandang yang tertutup untuk mengurangi stress pada hewan.
  13. Cari informasi klinik hewan 24 jam yang berada di kota tujuan. Hal ini berguna apabila hewan kesayangan anda sakit dan harus mendapat penanganan dari dokter hewan.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Pengobatan dan Pencegahan Terhadap Infeksi Pseudomonas aeruginosa

  Pseudomonas aeruginosa merupakan flora normal pada tubuh dan tidak akan menimbulkan penyakit selama pertahanan ...

error: Content is protected !!