Home » Info & Tips » Tipe Rambut pada Anjing

Tipe Rambut pada Anjing

Berbagai jenis ras anjing yang ada di seluruh dunia memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, begitu juga dengan rambut yang dimiliki oleh anjing tersebut. Rambut anjing memiliki berbagai tipe mulai dari tipe lurus, keriting, pendek, halus dan kasar. Artikel berikut ini akan membahas mengenai masing-masing dari tipe rambut pada anjing.

1. Double coat (mantel ganda)

Anjing yang memiliki tipe rambut double coat memiliki rambut yang tebal yang terdiri atas dua lapis rambut yaitu rambut luar (outer coat) dan rambut lapisan bawah (undercoat). Kedua lapisan rambut ini tumbuh sendiri-sendiri dan memiliki panjang yang berbeda-beda. Ciri-ciri dari rambut luar yaitu memiliki tekstur yang kasar, lebih panjang dan mengkilap serta kedap air. Rambut luar cenderung tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan rambut lapisan bawah. Pada rambut lapisan bawah memiliki tekstur yang lembut, pendek dan rapat-rapat serta pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan rambut luar. Rambut lapisan bawah merupakan rambut yang tersisa ketika anda mencukur rambut anjing. Rambut luar akan melapisi dan melindungi rambut lapisan bawah. Rambut lapisan bawah berfungsi untuk menjaga agar anjing tetap hangat pada saat musim dingin dan tetap sejuk saat musim panas.
Anjing dengan tipe rambut double coat lebih membutuhkan banyak perawatan (grooming) dan harus rutin untuk menghilangkan rambut lapisan bawah yang mati dengan sedikit pemotongan atau tanpa dipotong. Hal ini berguna agar rambut terlihat sehat, rapi dan tidak kusut serta tentunya membuat penampilan anjing lebih menarik. Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut ini yaitu: German Shepherd, Rough Collie, Samoyed, St. Bernard, Tervueren, Golden Retriever, Labrador Retriever, Siberian Husky dan Australian Shepherds.

Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe bulu double coat

Sumber: (Bryan-Dennis 2013; Dallas et al. 2006 )

Gambar 1 Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut double coat

2. Single coat

Tipe rambut single coat hanya memiliki rambut luar (outer coat) dan tidak memiliki rambut lapisan bawah (undercoat). Biasanya anjing dengan tipe rambut single coat memiliki jenis rambut yang seragam pada seluruh bagian rambutnya. Tipe rambut single coat umumnya lebih sedikit mengalami kerontokan dibandingkan dengan tipe rambut double coat. Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut ini yaitu: Doberman Pinscher, Rottweiler, Pitbull, Bulldog, Dachshund, Bull Terrier, Beagle.

Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe bulu single coat

Sumber: Palika 2007

Gambar 2 Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe bulu single coat

3. Berbulu halus (Smooth coat)

Anjing dengan tipe berambut halus memiliki rambut yang sangat pendek serta sangat dekat dengan kulit. Tipe rambut ini dapat berupa double coat atau single coat. Perawatan (grooming) terhadap anjing dengan tipe rambut ini termasuk sangat mudah dan tidak perlu telalu banyak perawatan (low maintenance). Grooming dapat dilakukan sesekali untuk menghilangkan rambut yang mati dan membuat rambut tetap mengkilap. Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut ini yaitu: Boxer, Dobermann, Weimeraner, Staffordshire Bull Terrier, Dalmatian dan Bulldog.

Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berbulu halus

Sumber: Palika 2007

Gambar 3 Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berambut halus

4. Berbulu kasar (wire coat)

Anjing dengan tipe rambut ini memiliki rambut yang bergelombang atau ikal dan saat anda memegang rambutnya terasa kasar. Tipe rambut ini biasanya berupa double coat tetapi ada beberapa ras anjing yang berupa single coat. Anjing dengan tipe berambut kasar memiliki rambut luar (outer coat) yang kasar dan rambut lapisan bawah (undercoat) yang lebih lembut. Rambut anjing tipe ini harus ditangani dengan hand-stripped untuk mempertahankan tekstur dan warna aslinya, tetapi pemilik anjing banyak yang melakukan pemotongan rambut pada anjingnya agar lebih mudah dalam perawatan dan meminimalisir biaya perawatan anjing. Tidakan pemotongan rambut pada anjing tipe rambut ini tidak diperbolehkan pada anjing pertunjukan. Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut ini yaitu terutama kelompok anjing Terrier seperti West Highland White, Wire Fox, Border dan Scottish Terrier serta anjing jenis ras lain seperti Schnauzer Miniatur dan Wire Haired Dachshund.

Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berbulu kasar

Sumber: Palika 2007

Gambar 4 Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berambut kasar

5. Berbulu keriting (wool coat/curly coat)

Anjing dengan tipe rambut ini memiliki rambut berbentuk keriting dan lebih mudah untuk dikenali. Anjing berambut keriting memerlukan perawatan ekstra dan memerlukan teknik khusus dalam pengeringan dan gaya pemotongan rambutnya. Anjing yang memiliki tipe rambut keriting sangat sedikit. Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe rambut ini yaitu: Poodles, Irish Water Spaniels, Bichon dan Portuguese Water Dog.

Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berbulu keriting
Gambar 5 Ras anjing yang termasuk ke dalam tipe berambut keriting

 

Sumber:

Bryan-Dennis K. 2013. The Complete Cat Breed Book. London: DK.

Dallas et al. 2006. Grooming Manual for The Dog and Cat. UK: Blackwell Publishing.

Palika L. 2007. The Howell Book of Dogs. New Jersey: Wiley Publishing, Inc.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Berbagai Jenis Ektoparasit yang Dapat Menginfeksi Anjing

Parasit dapat hidup di luar (di permukaan tubuh) ataupun di dalam tubuh induk semang. Parasit ...

error: Content is protected !!