Home » Patologi » Tipe Nekrosa Lemak dan Perubahan Histopatologinya

Tipe Nekrosa Lemak dan Perubahan Histopatologinya

Nekrosa lemak terjadi akibat trauma atau reaksi enzimatis pada jaringan lemak. Terdapat tiga jenis nekrosa lemak yaitu: nekrosa lemak enzimatik, nekrosa lemak traumatis, dan nekrosa lemak perut pada sapi.

  1. Nekrosa lemak enzimatik disebut juga nekrosa lemak pankreas, ditandai dengan kehancuran lemak di rongga perut dan biasanya berdekatan dengan pankreas oleh adanya aktivasi lipase pankreas dalam cairan pankreas yang telah melewati saluran sistem pankreas.
  2. Nekrosa lemak traumatik terlihat ketika jaringan adiposa dihancurkan, hal ini terjadi pada lemak yang berdekatan dengan canal pelvis sapi yang distokia dan pada jaringan subkutan yang terluka atau cidera, misalnya lemak subkutan dan intramuskular di atas sternum dari sapi yang berbaring.
  3. Nekrosis lemak perut pada sapi ditandai dengan masa nekrotik lemak yang besar pada mesenterium, omentum, dan retroperitoneal. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti dan mungkin tidak terdeteksi tanpa nekropsi. Pada kasus yang ekstrim lemak mesenterika dapat mengelilingi usus dan menyebabkan stenosis.

Baca juga mengenai: Tipe Nekrosa Koagulasi

Jaringan lemak yang normal berwarna putih kekuningan dan lunak, apabila terjadi nekrosa akan mengakibatkan perubahan menjadi jaringan berwarna putih dan mempunyai konsistensi padat (keras). Secara mikroskopis, struktur pola kawat ayam yang tidak berisi pada jaringan lemak normal, akan berubah dan diendapi oleh massa eosinofilik serta kadang-kadang sedikit basofilik jika telah terjadi endapan kalsium. Hal ini terjadi karena asam lemak diubah menjadi sabun (saponifikasi lemak) akibat reaksi dengan kalsium, magnesium dan sodium. Lemak dapat juga dicerna oleh sebahagian besar sel darah putih sehingga menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Perubahan makroskopis dan mikroskopis pada nekrosa lemak tipe nekrosa lemak enzimatik dapat dilihat pada Gambar 1.

Sumber: McGavin dan Zachary 2007

Gambar 1 Nekrosa lemak tipe enzimatik pada pankreas anjing. (A) perubahan makroskopis pada nekrosa lemak enzimatik yaitu pada lemak nekrosa biasanya  membentuk sabun (saponifikasi lemak), lesi berwarna putih pucat, berkapur sampai berpasir; (B) gambaran mikroskopis pankreas anjing mengalami nekrosa lemak enzimatik, pada bagian tengah terdapat nekrosa lemak dan saponifikasi (basofilik)

Baca juga mengenai: Tipe Nekrosa Kaseosa dan Nekrosa Mencair

 

 

Sumber:

McGavin MD, Zachary JF. 2007. Pathologic Basis of Veterinary Disease. Edisi ke-4. USA: Mosby Elsevier.

Price SA, Wilson L M. 2006. Patofisiologi. Edisi VI. Volume I. Jakarta: EGC.

Shapiro LS. 2010. Pathology and Parasitology for Veterinary Tecnicians. Edisi ke-2. USA: Delmar.

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

Tipe Nekrosa Koagulasi

Tampilan morfologi jaringan nekrosa bervariasi, hal ini tergantung pada jaringan yang terlibat, penyebab kerusakan jaringan, ...