Home » Info & Tips » Teknik Membersihkan Gigi Anjing yang Benar

Teknik Membersihkan Gigi Anjing yang Benar

Sama seperti kita, anjing juga harus dijaga giginya agar tetap bersih dengan cara menyikat giginya secara teratur agar kesehatan gigi anjing anda tetap terjaga. Gigi anjing yang tidak dibersihkan dapat memicu terjadinya bau mulut, penyakit pada gusi, terbentuk karang gigi dan penumpukan plak yang berlebihan serta terjadinya perubahan warna dan abses pada gigi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa agen infeksi penyebab penyakit pada gusi, gigi dan mulut dapat menyebar ke organ tubuh lainnya melalui aliran darah. Suatu studi juga telah menemukan adanya hubungan langsung antara mulut anjing yang kotor dengan penyakit jantung pada anjing tua. Dengan kata lain, apabila anda tidak membersihkan gigi anjing secara rutin maka anjing anda akan berisiko terkena penyakit jantung.

Menyikat gigi anjing sebaiknya dilakukan setiap hari, tetapi kenyataannya ada beberapa pemilik anjing yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat untuk melakukannya setiap hari. Setidaknya anda bisa menyikat gigi anjing anda secara rutin 1-2 kali dalam seminggu. Anjing mulai diperkenalkan untuk disikat giginya sejak dari ia masih anak-anak sehingga anjing akan terbiasa dan merasa nyaman dengan perlakuan ini. Anjing yang tidak dibiasakan menyikat gigi sejak masih anak-anak biasanya menolak untuk disikat giginya dan ini tentunya akan menyulitkan bagi anda. Sebaiknya anjing disikat giginya pada saat ia dalam keadaan tenang dan santai. Jangan pernah memaksa anjing untuk disikat giginya jika ia menolak. Adapun teknik menyikat gigi anjing yang benar yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk menyikat gigi anjing. Peralatan dan bahan yang digunakan untuk menyikat gigi anjing tidak begitu rumit, cukup dengan sikat gigi khusus untuk anjing atau dapat juga menggunakan sikat gigi kecil untuk anak-anak serta pasta gigi khusus untuk anjing. Jangan menggunakan pasta gigi yang digunakan manusia karena rasanya yang pedas dan terlalu kuat untuk anjing serta tidak semua bahan dalam pasta gigi manusia telah dijamin keamanannya untuk anjing.

Peralatan dan bahan yang digunakan untuk menyikat gigi anjing

Sumber: (http://pets.webmd.com/healthy-dog-teeth-10/slideshow-brushing-dog-teeth)

Gambar 1 Peralatan dan bahan yang digunakan untuk menyikat gigi anjing

2. Buatlah posisi yang membuat anjing anda merasa nyaman.
Anda dapat menyuru anjing anda untuk duduk di depan anda atau meletakkan anjing di atas pangkuan anda (khusus untuk anjing ras kecil). Selain itu, dapat juga anda berlutut/duduk didepan anjing anda atau di sampingnya. Jika anjing anda merasa tidak nyaman dan marah cobalah untuk berhenti dan lakukan lagi pada lain waktu.

Posisi anda dan anjing saat menyikat gigi

Sumber: (http://pets.webmd.com/healthy-dog-teeth-10/slideshow-brushing-dog-teeth)

Gambar 2 Posisi anda dan anjing saat menyikat gigi

3. Cobalah terlebih dahulu memperkenalkan pasta gigi yang akan digunakan kepada anjing. Letakkan sedikit pasta gigi di ujung jari anda. Biarkan anjing menjilati pasta gigi yang ada di ujung jari anda sehingga anjing menjadi terbiasa dengan tekstur dan rasa pada pasta gigi tersebut. Apabila anjing menikmati pasta gigi tersebut berarti anjing menyukainya dan anda dapat menggunakan pasta gigi tersebut saat menyikat gigi anjing.

Mencoba untuk memperkenalkan pasta gigi kepada anjing

Sumber: (http://pets.webmd.com/healthy-dog-teeth-10/slideshow-brushing-dog-teeth)

Gambar 3 Mencoba untuk memperkenalkan pasta gigi kepada anjing

4. Angkatlah bibir anjing dengan lembut dan hati-hati sehingga bagian gigi dapat terlihat, kemudian mulailah menyikat gigi anjing dengan menggunakan sikat gigi khusus anjing yang telah diolesi dengan pasta gigi.
Pada saat anda menyikat gigi anjing posisikan sudut bulu dari sikat gigi mencapai garis gusi serta menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gigi. Hal ini membantu agar bulu sikat dapat memijat garis gusi dan plak yang ada pada gigi dapat dibersihkan. Menyikat gigi anjing juga dapat dilakukan dengan gerakan memutar mulai dari bagian atas dan bawah pada setiap sisi gigi.

Cara menyikat gigi menggunakan sikat gigi kecil

Sumber: (http://pets.webmd.com/healthy-dog-teeth-10/slideshow-brushing-dog-teeth); (http://www.vetwest.com.au/pet-library/about-dental-care-and-brushing-your-pets-teeth)

Gambar 4 Cara menyikat gigi menggunakan sikat gigi kecil

Cara menyikat gigi anjing menggunakan sikat gigi yang ditempelkan di ujung jari

Sumber: (http://www.vetwest.com.au/pet-library/about-dental-care-and-brushing-your-pets-teeth)

Gambar 5 Cara menyikat gigi anjing menggunakan sikat gigi yang ditempelkan di ujung jari

5. Selama anda menyikat gigi anjing, bicaralah dengan nada suara lembut pada anjing anda agar ia tetap merasa nyaman.
Apabila anjing mulai merasa tidak nyaman dan marah maka cobalah untuk menghentikannya dan dapat dilanjutkan pada lain waktu.

6. Setelah selesai menyikat semua gigi anjing, berikan pujian pada anjing anda dan perlakuan yang membuatnya senang seperti mengelusnya pada bagian rahang atau menepuk-nepuk dengan lembut bagian kepalanya.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Berbagai Jenis Ektoparasit yang Dapat Menginfeksi Anjing

Parasit dapat hidup di luar (di permukaan tubuh) ataupun di dalam tubuh induk semang. Parasit ...

error: Content is protected !!