Home » Mikrobiologi » Taksonomi dari Alcaligenes spp.

Taksonomi dari Alcaligenes spp.

Alcaligenes spp. merupakan salah satu bakteri yang berperan penting dalam keamanan pangan (food safety). Alcaligenes spp. merupakan bakteri pembusuk yang berperan besar pada bahan pangan yang disimpan dingin (psikotrof) dan penyebab pembusukan pangan yang kaya protein. Alcaligenes spp. dapat tumbuh pada suhu minimum -5 – +5 °C, suhu optimum 25 – 30 °C dan suhu maksimum 30 – 35 °C. Alcaligenes spp. bersifat proteolitik, lipolitik dan menghasilkan lendir pada pangan yang terkontaminasi. Bakteri ini telah dilaporkan dapat menyebabkan kekentalan (ropinessa) dan berlendir (sliminess) pada susu segar yang disimpan dingin maupun susu setelah pasteurisasi. Selain itu, Alcaligenes spp. dapat menyebabkan terjadinya putrefaction yang menghasilkan senyawa-senyawa berbau.

Alcaligenes spp. dapat berperan sebagai bakteri pembusuk pada pangan maupun pangan olahan asal hewan seperti daging sapi segar (fresh meat), daging unggas (poultry meat), ikan, susu, telur, keju dan cream. Selain itu, Alcaligenes faecalis juga berperan sebagai bakteri pembusuk pada madu mentah (raw honey). Pangan yang terkontaminasi Alcaligenes spp. dapat menimbulkan perubahan yang terdeteksi dalam bentuk bau, rasa, tekstur pada pangan disertai dengan pembentukan lendir atau gas dan akumulasi cairan.

 

Taksonomi dari Alcaligenes spp. dapat dilihat sebagai berikut:

 

Kingdom : Bacteria
Phylum : Proteobacteria
Class : Beta Proteobacteria
Order : Burkholderiales
Family : Alcaligenaceae
Genus : Alcaligenes
Binomial name : Alcaligenes spp.

 

Saat ini terdapat 14 spesies dan 7 subspesies Alcaligenes pada daftar nama prokariotik di nomenklatur antara lain sebagai berikut : Al. aestus, Al. aquamarinus, Al. cupidus, Al. defragrans, Al. denitrificans, Al. denitrificans subsp. denitrificans, Al. denitrificans subsp. xylosoxydans, Al. eutrophus, Al. faecalis, Al. faecalis subsp. faecalis, Al. faecalis subsp. homari, Al. faecalis subsp. parafaecalis, Al. latus; Al. pacificus, Al. paradoksus, Al. piechaudi, Al. ruhlandii, Al. venustus, Al. xylosoxidans, Al. xylosoxidans subsp. denitrificans; Al. xylosoxidans subsp. Xylosoxidans.

Sumber: http://www.bakteriologieatlas.de

 Gambar 1 Alcaligenes faecalis

 

 

 

Sumber :

 

Adams MR, Moss MO. 2008. Food Microbiology. Ed ke-3. The Royal Society of Chemistry: RSC Publishing.

Blackburn CDW. 2006. Food Spoilage Microorganisms. New York: CRC Press.l

Ray B. 2005.  Fundamental Food Microbiology. Ed ke-3. New York : CRC Press.

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Apa Itu Leptospirosis dan Bahayanya Terhadap Hewan

Apa itu Leptospirosis dan agen penyebabnya? Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. ...

error: Content is protected !!