Home » Parasitologi » Siklus Hidup Trichuris vulpis

Siklus Hidup Trichuris vulpis

Siklus hidup dari Trichuris vulpis bersifat langsung tidak membutuhkan inang antara. Trichuris vulpis betina dewasa bersifat ovipar, menghasilkan telur yang memiliki dinding yang tebal dan sangat resisten terhadap perubahan lingkungan. Setelah telur di keluarkan dalam feses, dalam waktu 9 – 10 hari larva infektif berkembang pada temperatur antara 25 °C – 30 °C, tetapi di bawah kondisi normal periode ini mungkin bisa lebih lama yaitu 3 – 5 minggu. Anjing dapat terinfeksi apabila termakan telur yang mengandung larva Trichuris vulpis. Telur menetas dan mengeluarkan larva di anterior dari usus halus dan larva stadium ke dua keluar melewati ujung yang bertudung. Larva tersebut menembus mukosa usus halus dan masuk ke dalam dasar liberkuhn dimana mereka melingkar dan bersembunyi untuk 2 – 8 hari serta membentuk liang-liang pada sel-sel kripta dari liberkuhn di mukosa usus. Setelah itu larva berpindah ke sekum dan kolon untuk tumbuh menjadi cacing dewasa. Cacing dewasa melekat kuat pada mukosa sekum dan kolon dengan ujung cambuknya di bagian anterior tubuh. Lapisan sekum dan kolon sampai batas lapisan otot merupakan wilayah perlekatan cacing. Cacing ini tidak bermigrasi ke daerah lain dan hanya berada di saluran pencernaan. Cacing dewasa akan hidup pada sekum dan kolon selama kurang lebih tiga bulan dan cacing jantan dewasa dengan cacing betina dewasa akan melakukan perkawinan kemudian cacing betina dewasa selama hidupnya di sekum dan kolon akan menghasilkan telur yang akan dikeluarkan melalui feses anjing dan akan menginfeksi inang lainnya.

Anjing bisa terinfeksi Trichuris vulpis jika telur termakan, diantaranya bisa melalui makanan yang terkontaminasi telur cacing atau melaui jilatan pada bagian yang terkontaminasi telur cacing. Periode prepaten Trichuris vulpis adalah tiga bulan, sedangkan literatur yang lain menyebutkan periode prepaten Trichuris vulpis yaitu 70 – 107 hari. Lama hidupnya mungkin dapat mencapai 16 bulan dan cacing betina dapat menghasilkan telur rata-rata 2000 telur/hari dan dikeluarkan bersama feses.

Siklus hidup Trichuris vulpis

Gambar 1 Siklus hidup Trichuris vulpis

Sumber :

Bowman et al. 1999. Parasitology for Veterinarians. New York : Saunders.

Subronto. 2006. Penyakit Infeksi dan Mikroba pada Anjing dan Kucing. Yogyakarta : UGM Press.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

Ektoparasit yang Dapat Menyerang Kucing

Kucing dapat terinfeksi oleh agen penyakit terutama apabila tidak dipelihara dengan baik dan benar. Salah ...