Home » Info & Tips » Peralatan yang Diperlukan untuk Grooming Kucing

Peralatan yang Diperlukan untuk Grooming Kucing

Grooming pada kucing juga memerlukan berbagai peralatan untuk memberikan hasil yang maksimal. Jenis peralatan yang digunakan untuk grooming tergantung dari jenis rambut kucing. Berikut ini akan dijelaskan mengenai peralatan yang diperlukan untuk grooming Kucing. Peralatan dasar untuk grooming yang wajib anda punya di rumah yaitu: a.) Sisir (comb), sisir juga terdapat dalam berbagai jenis antara lain sisir kutu (flea comb), sisir bergigi jarang (wide-toothed comb) dan sisir bergigi lembut (fine comb); b.) Sikat (brush), sikat untuk grooming kucing terdapat dalam berbagai jenis antara lain slicker brush, pin-tipped dan sikat berbulu lembut (soft-bristled); c.) Sarung tangan karet untuk grooming; d.) Gunting; e.) Pemotong kuku; dan f.) Sikat gigi. Beberapa ras kucing mungkin memerlukan jenis peralatan yang spesifik tergantung dari jenis rambut mereka.

 

1. Sisir

Sisir sangat dibutuhkan untuk perawatan pada rambut kucing. Sebaiknya sisir harus halus dengan gigi yang bulat dirancang untuk menghindari trauma pada kulit. Selain itu, juga diperlukan sisir yang bergigi rapat untuk mengangakat kotoran dan kutu pada rambut kucing. Sisir yang bergigi jarang digunakan khusus untuk kucing yang berambut panjang, untuk rambut di sekitar kepala dan untuk bagian daerah-daerah sensitif pada kucing.

Sisir

Sumber: (a) Bryan-Dennis 2013; (b) Dallas et al. 2006

Gambar 1 Sisir : (a) fine comb (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book); (b) Sisir yang bergigi jarang (wide-toothed comb) (Dallas et al. 2006 pada buku Grooming Manual for The Dog and Cat)

 

2. Sikat

Sikat dengan bulu alami dapat menghasilkan energi listrik statis dan dapat mengurangi kerusakan rambut dibandingkan dengan sikat dengan bulu nilon. Slicker brush efektif digunakan untuk jenis kucing berambut pendek. Kawat pada slicker brush layaknya seperti duri pada lidah kucing yang sangat efektif untuk menghilangkan rambut yang mati. Sikat yang berbulu sangat pendek atau sikat dengan tonjolan berbahan karet efektif digunakan untuk kucing Rax karena kucing jenis ini rentah terhadap kerontokan rambut yang sangat banyak apabila disikat terlalu keras. Palm brush (seperti sarung tangan karet yang memiliki tonjolan seperti duri pada bagian telapak tangan) digunakan untuk jenis kucing berambut pendek untuk menghilangkan rambut mati dan menyemir rambut kucing. Potongan kain chamois atau nilon juga dapat digunakan. Kain lap lembab sudah cukup untuk grooming pada kucing Sphynx.

sikat

Sumber: (a,b) Bryan-Dennis 2013; (c) http://www.chinawholesaledirect.com

Gambar 2 Sikat : (a) slicker brush; (b) sikat berbulu lembut (soft-bristled brush) (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book); (c) palm brush (http://www.chinawholesaledirect.com)

 

3. Pemotong kuku

Pemotong kuku harus selalu tersedia. Saat kuku kucing mulai panjang maka kuku harus dipotong dengan alat pemotong kuku.

gunting kuku

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 3 Pemotong kuku kucing (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book)

 

4. Gunting

Gunting diperlukan untuk memotong rambut yang tumbuh pada bagian telapak kaki kucing agar kucing tidak terpeleset saat berjalan. Hendaknya menyiapkan sepasang gunting dengan ujung tumpul atau membulat pada akhir pisau.

Berbagai jenis gunting

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 4 Berbagai jenis gunting (Dallas et al. 2006 pada buku Grooming Manual for The Dog and Cat)

 

5. Sikat gigi

Gigi kucing wajib untuk dibersihkan atau disikat menggunakan sikat gigi khusus kucing agar kesehatan gigi kucing tetap terjaga. Sikat gigi untuk kucing bermacam-macam jenisnya mulai dari yang ditempelkan di ujung jari, hingga yang terdiri dari 3 sisi sikat (bisa menyikat permukaan gigi bagian luar, dalam dan atas sekaligus).

sikat gigi kucing

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 5 Sikat gigi khusus kucing (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book)

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!