Home » Kesmavet » Penyakit yang Ditimbulkan Oleh Pseudomonas aeruginosa

Penyakit yang Ditimbulkan Oleh Pseudomonas aeruginosa

infeksi oleh Pseudomonas aeruginosa

Pseudomonas aeruginosa merupakan patogen oportunistik yang memanfaatkan kerusakan pada mekanisme pertahanan inang untuk memulai suatu infeksi. Bakteri ini dapat menginfeksi hampir setiap jaringan atau lokasi tubuh seperti infeksi saluran kemih, saluran pernafasan, dermatitis, infeksi jaringan lunak, bakterimia, infeksi tulang dan sendi, infeksi saluran pencernaan dan bermacam-macam infeksi sistemik terutama pada penderita luka bakar, kanker dan penderita AIDS yang mengalami penurunan sistem imun.  P. aeruginosa menjadi masalah yang serius pada pasien rumah sakit yang menderita kanker, cystic fibrosis (CF) dan luka bakar. Angka fatalitas kasus (case fatality rate) pasien tersebut adalah 50%. Selain itu, P. aeruginosa dapat menghasilkan salah satu infeksi oportunistik ekstraintestinal yang disebabkan oleh anggota dari Enterobacteriaceae serta dapat menyebabkan infeksi pada mata dan telinga.

Pseudomonas aeruginosa juga sering menyebabkan otitis eksternal pada telinga perenang dan otitis ekternal invasif (malignan) pada penderita diabetes yang jarang terjadi tetapi dapat menyebabkan kematian. Folikulitis pada kulit dapat terjadi setelah berendam pada kolam air panas yang terkontaminasi P. aeruginosa. Bakteri ini dapat menyebabkan konjungtivitis, keratitis atau endoptalmitis pada mata akibat trauma atau kontaminasi pada obat mata/larutan lensa kontak. Keratitis dapat berlangsung cepat dan merusak kornea dalam waktu 24-48 jam. Jangkauan infeksi yang disebabkan oleh P. aeruginosa pada manusia dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1 Jangkauan infeksi oleh P. aeruginosa pada manusia

Organ Infeksi Akut/kronis Sumber Pencegahan
Mata Keratitis

Akut

Air

Higiene

Kulit Folikulitis, infeksi pada ulser, infeksi pada luka bakar

Akut

Air

Higiene

Telinga Otitis eksternal

Akut/kronis

Air ?

Higiene

Sinus hidung Sinusitis

Kronis

Air ?

?

Kandung kemih (vesika urinaria) Infeksi pada saluran urinari

Akut/kronis

?

?

Tulang Diabetic osteomielitis pada kaki

Kronis

Air ?

Higiene

Paru-paru/bronkus Ventilator terkait pneumonia, endobronchiolitis,
cystic fibrosis,
bronkiektasis

Akut

 

Kronis

Nosokomial

humidifiers

Nosokomial, lingkungan

 

Higiene

 

Higiene,

pemberantasan secara cepat dengan aggressive antibiotic terapi intermiten
kolonisasi

Darah Sepsis, pasien neutropenic

Akut

?

Antibiotika
profilaksis

 

 

 

 

Sumber :

Rehm BHA. 2008. Pseudomonas: Model Organism, Pathogen, Cell Factory. Germany: WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA Weinheim.

Ryan KJ and Ray CG. 2004. Sherris Medical Microbiology An Introduction to Infection. Ed ke-4. New York: Medical Publishing Division.

Todar K. 2011. Online Textbook of Bacteriology. http://textbookofbacteriology.net/pseudomonas.html [2 November 2011].

 

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Apa Itu Leptospirosis dan Bahayanya Terhadap Hewan

Apa itu Leptospirosis dan agen penyebabnya? Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. ...

error: Content is protected !!