Home » Parasitologi » Pengobatan dan Pencegahan Terhadap Infeksi Trichuris vulpis

Pengobatan dan Pencegahan Terhadap Infeksi Trichuris vulpis

1. Pengobatan

Pengobatan pada anjing terinfeksi Trichuris vulpis melibatkan penggunaan obat-obat pada dosis tertentu dan diulangi setiap 3 bulan karena dalam jangka waktu tersebut cacing berubah menjadi dewasa. Obat-obat yang digunakan adalah obat-obat yang mempunyai daya kerja berlawanan dengan cacing Trichuris vulpis. Adapun obat-obat yang digunakan untuk pengobatan infeksi Trichuris vulpis dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Obat-obat yang digunakan untuk pengobatan infeksi Trichuris vulpis (trichuriasid)

Obat

Nama
Paten

Dosis
(mg/kg)

Keterangan

Milbemycin

Interceptor

5,5

Sekali, ulangi 30
hari

Fenbendazole

Panacur

50

3 hari berturut-turut

Dichlorphos

Task

27-34

Sekali

Mebendazol

Vermox,
Telmin

10

2 kali sehari,
selama 5 hari

Dipthalofyne

Whipcide

25-50

Sekali

Pyrantel pamoat
100 mg plus

oxantel pamoat 380 mg

Canex
Plus

200
1/7 tablet

Sekali 1tablet
untuk 7 kg BB

 

Obat-obat lain yang dapat mengobati infeksi Trichuris vulpis yaitu :

  • N-butyl chloride dengan dosis 0,1 – 10 ml/kg diberikan setiap jam selama 5 jam, hasilnya sangat variable berkisar antara 0 – 100%.
  • Phthalofyne atau Whipcide mempertimbangkan pilihan obat untuk infeksi Trichuris vulpis pada anjing. Bisa diberikan secara oral dengan dosis 100 – 200 mg/kg atau intravena dengan dosis 250 – 300 mg/kg. Obat ini tidak menimbulkan efek samping jika diberikan peroral tetapi dengan intravena kadang-kadang terjadi depresi ataxia yang bersifat sementara.
  • Glycobiarsol pada dosis tunggal 1000 mg/kg atau dosis 200 mg/kg selama 5-10 hari dan hasilnya sangat efektif.

2. Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara sanitasi kandang dengan desinfektan dan pengobatan secara periodik. Kebersihan tempat makan dan minum anjing harus diperhatikan jika memungkinkan maka keringkanlah di bawah cahaya matahari langsung untuk membunuh telur cacing. Anjing juga dijaga kebersihannya dengan cara di grooming. Perkembangan telur akan optimal pada temperatur yang rendah yaitu 6 °C- 20 °C. Telur Trichuris vulpis sangat peka terhadap lingkungan yang kering, jadi dengan menghindari kandang anjing dari kondisi lembab dan basa dapat mencegah infeksi Trichuris vulpis pada anjing. Meskipun telur cacing tersebut mudah terpengaruh oleh keadaan kering tetapi dapat tinggal dalam tanah yang lembab selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, pelepasan hewan pada daerah yang terkontaminasi harus dibatasi. Belum ada metode yang efektif untuk membunuh telur wiphworm di dalam tanah. Satu-satunya alternatif yaitu dengan mengganti tanah yang terkontaminasi dengan tanah yang baru. Untuk mencegah agar tidak menular pada manusia maka setiap melakukan pembersihan harus memakai sarung tangan dan mencuci tangan setelah bekerja.

 

Sumber :

Subronto. 2006. Penyakit Infeksi dan Mikroba pada Anjing dan Kucing. Yogyakarta : UGM Press.

Soulsbv, E J L. Helminths, Arthropods dan Protozoa of Domesticated Animal. London : Bailliere Tindall.

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

Ektoparasit yang Dapat Menyerang Kucing

Kucing dapat terinfeksi oleh agen penyakit terutama apabila tidak dipelihara dengan baik dan benar. Salah ...