Home » Anatomi & Fisiologi » Penggolongan Neuron

Penggolongan Neuron

Berdasarkan struktur atau bentuknya, neuron atau sel saraf dibagi menjadi tiga, yaitu neuron unipolar, bipolar, dan multipolar. Neuron unipolar dicirikan dengan memiliki satu cabang akson yang berasal dari badan sel. Pada Neuron bipolar terdapat satu dendrit yang bercabang-cabang dan satu akson, sedangkan neuron multipolar memiliki sejumlah dendrit dan satu akson. Ketiga struktur masing-masing neuron dapat anda lihat pada Gambar 1. Berdasarkan cara neuron memindahkan rangsang dan tempat beradanya neuron dibagi menjadi tiga macam, yaitu neuron afferent (neuron sensorik), neuron efferent (neuron motorik), dan neuron intermedier (interneuron). Berikut akan diuraikan masing-masing dari penggolongan tersebut.

tipe-dari-neuron

Gambar 1 Berbagai bentuk struktur neuron

  1. Neuron afferent (neuron sensorik)

Neuron ini berfungsi untuk menerima impuls dari reseptor, seperti bagian mata yang bereaksi terhadap cahaya dan meneruskan impuls itu ke neuron lain. Umumnya neuron sensori menyampaikan rangsangan dari organ-organ penerima rangsang (reseptor) untuk kemudian menyampaikannya ke sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Badan-badan sel neuron sensori ini umumnya berkelompok, disebut ganglia dan neuron ini berlanjut hingga ke tali spinal. Akson neuron sensori membawa impuls rangsang menuju jaringan saraf pusat.

Baca juga mengenai: Bagian-Bagian dari Neuron

 

  1. Neuron intermedier (interneuron)

Neuron intermedier meneruskan impuls saraf dari neuron yang satu ke neuron lainnya. Neuron intermedier ini membentuk suatu mata rantai, terdapat pada sistem saraf pusat. Neuron ini akan mengalami perangsangan oleh impuls yang berasal dari neuron sensori atau dari neuron intermedier lain. Neuron intermedier hampir terdapat di seluruh lintasan koordinasi saraf.

 

  1. Neuron efferent (neuron motorik)

Neuron motorik berfungsi sebagai pembawa impuls ke efektor, yaitu otot dan kelenjar. Umumnya neuron motorik menerima impuls dari neuron intermedier. Namun, adakalanya impuls dipindahkan secara langsung dari neuron sensori ke neuron motorik.

arah-rangsangan-saraf

Gambar 2 Arah rangsangan saraf

Baca juga mengenai: Jaringan Pembentuk Organ Hewan

 

 

Sumber:

Bakhtiar S. Biologi. 2011. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Ferdinand F, Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Purnomo, Sudjino, Trijoko, Hadisusanto S. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Bagian-Bagian Dari Neuron

Sel saraf atau neuron merupakan unit fungsional pada sistem saraf. Neuron yang terdapat dalam tubuh ...

error: Content is protected !!