Home » Info & Tips » Manfaat Perawatan pada Anjing

Manfaat Perawatan pada Anjing

grooming pada anjing

Sumber: Dallas et al. 2006

Perawatan (grooming) merupakan suatu perawatan terhadap anjing agar anjing terlihat bersih dan penampilannya terlihat menarik serta terhindar dari parasit dan penyakit khususnya penyakit kulit. Semua jenis ras anjing perlu dilakukan perawatan pada rambut, perawatan pada kuku, telinga dan pembersihan gigi serta pencegahan atau perlindungan terhadap infestasi parasit seperti caplak dan pinjal. Perawatan pada anjing tergantung pada ras anjing dan tipe bulunya seperti panjang, jenisnya, ketebalan dan ada atau tidaknya mantel ganda (double coat). Ras anjing yang berambut pendek seperti Doberman Pinschers, Jerman Shorthaired Pointer dan Miniatur Pinschers perawatan yang perlu dilakukan yaitu menyikat atau menyisir rambut setiap dua kali seminggu dengan sikat/sisir berbulu lunak (soft-bristled brush), menyikat gigi, membersihkan telinga, memotong kuku dan sesekali dimandikan. Ras anjing seperti Poodles, Spaniels dan Schnauzers memiliki rambut yang tumbuh terus menerus perlu dilakukan pemotongan rambut secara rutin. Ras anjing lain seperti German Shepherd dan Siberian Husky yang memiliki mantel ganda (double coat) yang tebal sehingga perlu menyikat rambut setiap hari.

Manfaat perawatan (grooming) pada anjing adalah sebagai berikut:

1. Melakukan perawatan (grooming) pada rambut anjing bertujuan untuk menjaga anjing agar terlihat menarik dan bersih, memiliki kulit dan rambut sehat serta terhindar dari infestasi ektoparasit seperti pinjal dan caplak.
  2. Perawatan pada telinga anjing berguna agar telinga tetap bersih dan sehat serta terhindar dari penyakit infeksi (bakteri, jamur) dan parasit.
  3. Perawatan gigi berguna agar gigi terlihat bersih putih, berkilau dan sehat serta terhindar dari bau mulut, penyakit pada gigi dan gusi, pembentukan karang gigi serta penumpukan plak yang berlebihan.
  4. Saat anda melakukan perawatan (grooming) pada anjing akan memungkinkan bagi anda untuk mempertahankan kedekatan anda dengan anjing anda.
  5. Saat melakukan perawatan (grooming) pada anjing juga dapat memberikan kesempatan untuk memeriksa tubuh anjing terhadap kelainan atau gangguan kesehatan.

Apabila anda mencium bau yang tidak sedap pada gigi atau telinga anjing walaupun telah dibersihkan, hal ini mengindikasikan bahwa anjing dalam kondisi yang tidak sehat. Segeralah membawanya ke dokter hewan sebelum penyakit pada anjing menjadi parah. Selain itu, apabila terdapat benjolan pada kulit atau terdapat luka terbuka harus segera diobati agar cepat sembuh dan juga untuk menghindari penyakit yang semakin parah. Perawatan (grooming) merupakan bagian penting dari menjaga anjing agar selalu sehat dan merupakan suatu tindakan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berakibat fatal bagi anjing.

Dallas et al. 2006. Grooming Manual for The Dog and Cat. UK: Blackwell Publishing.