Home » Info & Tips » Kenapa Kucing Harus Kita Grooming ?

Kenapa Kucing Harus Kita Grooming ?

Grooming (perawatan) merupakan suatu perawatan terhadap kucing agar kucing terlihat bersih dan penampilannya terlihat cantik serta terhindar dari parasit dan penyakit khususnya penyakit kulit. Tindakan grooming dapat berupa membersihkan dan merapikan rambut kucing, membersihkan telinga, mata, hidung dan gigi, memandikan kucing serta memotong kuku kucing.

Secara naluri kucing akan merawat tubuhnya sendiri. Kucing banyak menghabiskan waktu untuk menjaga rambutnya agar tetap bersih dan tidak kusut. Kucing akan selalu merawat dirinya dengan urutan yang sama (Gambar 1). Ia akan memulai dengan menjilati punggung dan telapak kaki depan, kemudian menggunakan punggung telapak kaki depan yang basah untuk membersihkan bagian kepalanya. Air liur kucing dapat menghilangkan bau dari makanan terakhir untuk menghindari perburuan oleh musuh alaminya. Selanjutnya kucing menggunakan lidahnya yang kasar (karena memiliki permukaan berduri seperti sisir) untuk menjilati, memberikan kelembaban, mengangkat kotoran serta menarik atau menyingkirkan rambut yang kusut dan lepas pada bagian kaki depan, bahu dan tubuh bagian samping. Lidah juga dapat menyebarkan minyak alami yang disekresikan oleh kelenjar kulit sehingga rambut kucing menjadi kedap air. Kucing akan menggigit dan menarik setiap rambut yang kusut menggunakan gigi serinya. Tulang belakang kucing yang fleksibel memungkinkannya untuk membersihkan daerah anus, punggung kaki dan ekor dari pangkal ke ujung. Kucing belajar semua ini dari induk mereka saat mereka kecil. Ketika terdapat lebih dari satu ekor kucing, kadang-kadang mereka juga saling membersihkan tubuh mereka satu sama lain. Hal ini dapat memperkuat ikatan di antara mereka.

Kucing membersihkan tubuhnya sendiri

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 1 Kucing membersihkan tubuhnya sendiri

Meskipun demikian, beberapa kucing terutama jenis kucing berambut panjang, kucing pertunjukan dan kucing tua memerlukan bantuan dari pemilik dalam perawatannya karena mengalami kesulitan untuk menjaga rambut mereka sendiri. Membantu kucing untuk menjaga kebersihan seperti membersihkan gigi, telinga, mata, hidung, mandi dan membersihkan serta merapikan rambut kucing penting untuk dilakukan karena alasan berikut ini:

  1. Agar kucing dalam kondisi prima, bersih, sehat, terlihat lebih cantik serta terhindar dari infeksi parasit dan penyakit khususnya penyakit kulit.
  2. Grooming dapat membuat rambut kucing dalam kondisi prima dan sehat.
    Hal ini penting karena rambut yang mengkilap dan kedap air akan membuat kucing tetap hangat serta melindungi kulit dari infeksi.
  3. Grooming juga dapat membantu kucing tetap merasa sejuk pada saat cuaca panas.
  4. Saat grooming akan memungkinkan bagi anda untuk mempertahankan ikatan erat dengan kucing anda dan juga memberikan kesempatan untuk memeriksa tubuh kucing terhadap kelainan atau gangguan kesehatan.
  5. Grooming juga dapat membantu mengurangi jumlah rambut yang tertelan oleh kucing saat dia membersihkan tubuhnya sendiri. Rambut biasanya dapat dikeluarkan (dibatukkan) kucing dalam bentuk bola rambut (fur balls). Bagaimanapun beberapa fur balls dapat masuk ke perut dan bersarang di dalam usus yang dapat menyebabkan masalah yang serius pada kucing.

Grooming hendaknya mulai diperkenalkan kepada kucing sejak usia dini (kitten) dan ia akan merasa nyaman karena menganggap anda sebagai figur induknya. Saat grooming selalu dimulai dengan mengelus kucing anda dengan lembut dan mengajak berbicara dengan suara tenang untuk membantu kucing supaya rileks. Ingatlah agar anda bersabar dan tetap waspada terhadap tanda-tanda kucing merasa tidak nyaman seperti mengibaskan ekor atau memutar kumisnya ke depan. Apabila kucing mulai merasa tidak nyaman, segeralah berhenti dan coba lagi nanti atau hari berikutnya. Anda juga perlu memeriksa dan membersihkan telinga, mata, hidung dan gigi kucing anda. Selain itu, perlu juga untuk memotong kuku kucing apabila sudah panjang, memandikan kucing dan membuang isi sekresi kantung anal, jika merasa kesulitan anda dapat meminta bantuan dokter hewan. Setiap anda selesai melakukan grooming pada kucing anda, berikan dia pujian dan penghargaan atau hadiah (dapat berupa perlakuan yang membuat kucing senang atau memberikan makanan kesukaannya).

Seberapa sering grooming dilakukan pada kucing dewasa tergantung dari ketebalan dan panjang rambut serta kondisi rambut dan kulit. Kucing jenis berambut pendek lebih jarang dilakukan grooming dan cukup sekali dalam seminggu. Sedangkan pada jenis kucing berambutpanjang seperti Persia, Himalayan dan Angora harus sering dilakukan grooming yaitu setiap hari harus disisir untuk menjaga agar rambut tidak kusut. Semakin bertambahnya umur kucing, maka kucing harus lebih sering digrooming karena kucing tua cenderung kurang untuk membersihkan tubuh mereka.

Grooming pada kucing2

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 2 Grooming pada kucing

 

 

Sumber:

Bryan-Dennis K. 2013. The Complete Cat Breed Book. London: DK.

Dallas et al. 2006. Grooming Manual for The Dog and Cat. UK: Blackwell Publishing.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!