Home » Info & Tips » Kelebihan dan Kekurangan Makanan Basah dan Makanan Kering pada Kucing

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Basah dan Makanan Kering pada Kucing

makanan basah dan kering

Jenis makanan kucing secara umum ada yang berbentuk kering dan ada yang basah. Makanan kering dan makanan basah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak pemilik kucing lebih memilih memberikan kucing mereka dengan makanan kering karena harganya lebih murah, mudah dalam penyimpanannya, dapat meninggalkan makanan sepajang hari pada wadah makanan kucing sehingga kucing dapat memakannya kapanpun ia ingin. Mungkin banyak diantara kita yang masih bertanya mana yang lebih baik makanan kering atau makanan basah untuk kucing anda ? Tidak ada jawaban mana yang benar dan mana yang salah dari pertanyaan ini. Memilih makanan kering atau basah untuk kucing anda tergantung dari kondisi medis dan kesehatan kucing anda. Artikel berikut ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan makanan basah dan makanan kering pada kucing sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk memilih jenis makanan yang terbaik untuk kucing anda.

 

A. Makanan basah

Kelebihan dan kekurangan dari makanan basah sebagai berikut:

  1. Makanan basah bisanya di kemas di dalam kaleng yang kedap udara sehingga tidak perlu zat pengawet agar tetap tahan lama dan segar.
  2. Biasanya makanan basah lebih lezat dan beraroma tajam sehingga kucing lebih menyukainya.
  3. Pada kucing yang mengalami penurunan nafsu makan dengan pemberian makanan basah akan sangat membantu mengembalikan nafsu makan kuicng karena rasanya yang enak dan beraroma tajam.
  4. Makanan basah memiliki kadar air yang lebih tinggi.
  5. Makanan basah punya manfaat khusus untuk kucing yang memiliki masalah dengan ginjal. Makanan basah dapat membantu menjaga agar kucing lebih terhidrasi, dapat mengurangi penyakit saluran kemih dengan membantu menghasilkan urin yang lebih encer sehingga dapat meringankan dan mengurangi frekuensi gejala pada kucing.
  6. Makanan basah dapat membantu agar tulang dan otot kucing kuat.
  7. Kucing yang sudah terbiasa dengan makanan basah biasanya agak susah dan perlu waktu lama supaya ia bisa berganti ke makanan jenis lain terutama makanan kering.
  8. Tekstur makanan basah lebih lembut dan basah sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada gigi dan gusi kucing. Kucing yang mengkonsumsi makanan basah dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi.
  9. Makanan basah menjadi tidak menarik lagi bagi kucing jika makanan ini dalam keadaan terbuka dengan jangka waktu yang lama dan biasanya ini terjadi apabila kucing tidak langsung memakan makanan tersebut.
  10. Harga makanan basah biasanya lebih mahal dibandingkan dengan makanan kering.

 

B. Makanan Kering

Kelebihan dan kekurangan dari makanan kering sebagai berikut:

  1. Harga makanan kering lebih murah.
  2. Lebih mudah dalam penyimpanannya dan lebih tahan lama.
  3. Anda dapat meninggalkan makanan kering sepajang hari pada wadah makanan kucing sehingga kucing dapat memakannya kapanpun ia inginkan.
  4. Pemberian makanan kering lebih baik untuk kesehatan gigi kucing.
  5. Makanan kering biasanya menggunakan proses pemasakan kemudian dikeringkan dan setelah itu disemprot dengan lemak agar memberikan rasa yang lebih enak, tetapi makanan kering biasanya ditambahkan dengan zat pengawet.
  6. Pada makanan kering yang berkualitas bagus biasanya ditambahkan dengan antioksidan seperti vitamin C dan E sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing dan bagus untuk kesehatan kucing.
  7. Berbeda halnya dengan makanan kering yang berkualitas rendah yang biasanya mengandung banyak bahan pengisi yaitu karbohidrat (biasanya jagung) sehingga membuat kucing kekurangan nutrisi penting. Selain itu, kandungan jagung dalam makanan kering membuat kucing sulit untuk mencernanya sehingga dapat mengurangi efisiensi penyerapan nutrisi bagi kucing.
  8. Makanan kering biasanya dihindari pada kucing yang mempunyai penyakit ginjal dan penyakit saluran kemih karena dapat memperparah gejala dari penyakit ini.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...