Home » Klinik & bedah » Faktor Penyebab dan Predisposisi dari Feline Lower Urinary Tract Disease

Faktor Penyebab dan Predisposisi dari Feline Lower Urinary Tract Disease

Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) yang dikenal juga dengan Feline Urologic Syndrome (FUS) merupakan penyakit saluran urinasi bagian bawah yang dapat terjadi karena cystitis, urethritis, obstruksi persial atau komplit sampai penyumbatan urethra serta dapat juga karena abnormalitas anatomi urethra seperti striktura (penyempitan) dan tekanan periurethral. Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada kucing terutama kucing jantan. FLUTD biasanya terjadi pada bagian vesika urinaria (VU) dan uretra kucing serta dapat menyebabkan gangguan pada organ tersebut. Gangguan pada uretra terjadi disebabkan oleh struktur uretra kucing jantan yang berbentuk seperti tabung memiliki bagian yang menyempit sehingga sering menimbulkan penyumbatan urin dari VU ke luar tubuh. Feline lower urinary tract disease (FLUTD) dapat meliputi beberapa kondisi yang terjadi pada saluran urinaria kucing.

Kucing jantan dan betina sama-sama beresiko menderita FLUTD, namun kucing jantan beresiko lebih besar terhadap obstruksi yang mematikan karena uretra jantan lebih kecil dibandingkan betina dan memiliki bagian yang mengecil (Gambar 1) sehingga penyumbatan lebih mudah terjadi. Faktor-faktor predisposisi dari penyakit FLUTD di antaranya:

  1. Jenis kelamin. Penyakit ini lebih sering menyerang hewan jantan daripada betina karena struktur anatomi urethra dari jantan panjang dan sempit sedangkan urethra betina pendek dan lebar.
  2. Ras. Lebih sering terjadi pada kucing ras seperti persia atau angora daripada kucing siam karena kucing ras lebih malas beraktivitas dan selalu urinasi pada pasir khusus sehingga apabila pasirnya kotor kucing ini cendrung menahan urinasinya.
  3. Pakan. Pemberian pakan dengan kandungan magnesium dan fosfor yang tinggi beresiko dalam pembentukan kristal dalam urin.
  4. Temperatur. Suhu yang rendah menyebabkan kucing malas minum sehingga intake air dalam tubuh kurang.
  5. Umur. Hewan dengan umur 1-10 tahun merupakan hewan yang paling rentan terserang FLUTD dengan frekuensi yang lebih tinggi pada usia 3,5 tahun.