Home » Info & Tips » Cara Mudah untuk Memandikan Kucing Kesayangan Anda di Rumah

Cara Mudah untuk Memandikan Kucing Kesayangan Anda di Rumah

Memandikan kucing merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan terutama apabila kucing sering dibiarkan berkeliaran di luar rumah. Pada saat kucing di luar rumah biasanya mereka suka mandi debu dan hal ini merupakan kebiasan alami dari kucing. Mereka berguling-guling di tanah yang kering untuk membersihkan rambut mereka dari lemak dan parasit seperti pinjal (sejenis kutu atau fleas). Memandikan kucing bertujuan agar kucing tetap dalam kondisi prima, bersih, bebas dari parasit serta memiliki rambut dan kulit yang sehat. Selain itu, juga dapat menjaga kedekatan anda dengan kucing anda.

Kucing jenis berambut pendek tidak perlu sering dimandikan dan biasanya cukup dilakukan mandi kering. Mandi basah pada kucing jenis berambut pendek apabila rambut kucing sudah sangat kotor, berminyak dan berbau tajam. Sedangkan pada kucing jenis berambut panjang harus lebih sering dimandikan. Beberapa kucing akan menikmati pada saat ia dimandikan dan hal ini tentu akan memudahkan anda dalam memandikan kucing. Agar kucing terbiasa untuk dimandikan sebaiknya kegiatan ini mulai diperkenalkan kepada kucing sejak ia masih anak-anak.

Anda perlu bersabar ketika memandikan kucing. Selama kucing dimandikan ajak kucing berbicara dengan lembut dan tenang serta memberikan hadiah atau penghargaan kepada kucing setelah selesai dimandikan. Sebelum anda mulai memandikan kucing, tutup semua pintu dan jendela serta pastikan ruangan tetap hangat. Beberapa bahan peralatan dan yang perlu disiapkan yaitu air hangat, shampoo khusus kucing, kapas, bak mandi atau wastafel, handuk lembut, slicker brush dan hairdryer. Perlu diperhatikan untuk memilih shampoo yang cocok bagi kucing, karena tidak semua sampoo cocok dengan mereka. Hal ini pengaruh dari sensitivitas dari kulit kucing. Anda dapat memandikkan kucing di bak mandi (bathtub) atau wastafel dan pastikan aliran air sangat lemah. Pada dasar bak mandi atau wastafel dapat dialasi dengan matras karet tempat pegangan kucing sehingga kucing lebih aman dan tidak akan tergelincir. Berikut ini akan diuraikan cara mudah untuk memandikan kucing kesayangan anda di rumah.

1. Tutuplah kedua telinga kucing dengan kapas untuk menghindari masuknya air ke dalam telinga.

2. Letakkan kucing ke dalam bak mandi atau wastafel dengan hati-hati dan bicaralah dengan kucing anda dengan lembut dan tenang. Peganglah kucing di bagian tengkuk lehernya dan biarkan kaki depan beristirahat pada tepi bak mandi. Semprotkan atau siramlah air hangat ke tubuh kucing secara berlahan sampai semua bulu kucing basah. Sebaiknya suhu air yang digunakan mendekati suhu tubuh yaitu 101,5 °F atau 38,6 °C. Hati-hati ketika membasahi bagian kepala kucing untuk menghindari masuknya air ke dalam telinga, hidung dan mulut kucing. Apabila anda tidak mahir melakukannya sebaiknya hindari untuk membasahi bagian kepala kucing karena jika air masuk ke dalam telinga kucing dapat menyebabkan masalah yang serius.

Menyiramkan air hangat ke tubuh kucing secara berlahan

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 1 Menyiramkan air hangat ke tubuh kucing secara berlahan

3. Kemudian oleskan sampoo pada rambut kucing secukupnya sambil menggosok dan memijat rambut kucing dengan tangan secara lembut. Memberi sampoo pada bulu kucing (keramas) dimulai dari leher, tubuh bagian bawah sampai ke bagian ekor serta pada bagian telapak kaki kucing. Khusus untuk daerah ekor harus mendapat perhatian ekstra ketika memandikan kucing, karena daerah ini sangat berminyak. Hindari agar sampoo tidak mengenai daerah mata, telinga, hidung dan mulut kucing.

Mengoleskan sampoo pada bulu kucing secukupnya

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 2 Mengoleskan sampoo pada rambut kucing secukupnya

4. Setelah itu, bilaslah tubuh kucing dengan air sampai bersih sehingga tidak ada lagi busa sampoo pada rambut kucing yang tersisa. Jika memungkinkan anda juga dapat memberikan kondisioner pada rambut kucing dan jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air sampai bersih. Pada bagian telinga, mata dan hidung kucing dapat dilap dengan kapas lembab sampai bersih dengan hati-hati.

Membilas tubuh kucing dengan air sampai bersih

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 3 Membilas tubuh kucing dengan air sampai bersih

5. Lap lah rambut kucing yang basah dengan handuk lembut (sebaiknya memiliki daya serap tinggi terhadap air) sampai rambut kucing kering.

6. Biasanya menggunakan handuk saja tidak cukup untuk membuat rambut kucing benar-benar kering sehingga dapat dilanjutkan dengan menggunakan hairdryer atau lemari pengering (cabinet drying) sampai rambut kucing kering sepenuhnya. Peralatan ini dapat digunakan apabila kucing sudah terbiasa dengan hal tersebut. Apabila kucing anda tidak nyaman atau merasa takut dengan hairdryer atau lemari pengering jangan dipaksakan untuk melakukannya. Pada saat rambut dikeringkan dengan hairdryer, anda juga dapat menyikat rambut kucing dengan menggunakan slicker brush sehingga seluruh rambut kucing kering merata. Selain itu, menyikat rambut kucing dengan menggunakan slicker brush juga dapat menghilangkan kekusutan dan rambut yang rontok. Rambut pada bagian kaki dapat disikat dengan lembut menggunakan soft slicker brush. Apabila anda menggunakan lemari pengering untuk mengeringkan rambut kucing, maka letakkan kucing di dalam lemari pengering selama 10 menit. Setelah itu, sikatlah rambut kucing dengan slicker brush agar rambut kering menyeluruh. Apabila rambut kucing masih basah maka ulangi lagi seperti langkah sebelumnya sampai rambut kucing benar-benar kering menyeluruh.

Mengeringkan bulu kucing yang basah dengan handuk lembut

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 4 Mengeringkan rambut kucing yang basah dengan handuk lembut

Menyikat bulu kucing dengan menggunakan slicker brush

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 5 Menyikat rambut kucing dengan menggunakan slicker brush

7. Setelah semuanya selesai berikan pujian serta hadiah atau penghargaan kepada kucing anda. Bisa dalam bentuk perlakuan yang membuat kucing anda senang atau memberikan makanan favoritnya.

Memberi penghargaan atau hadiah kepada kucing

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 6 Memberi penghargaan atau hadiah kepada kucing dengan makanan favoritnya

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!