Home » Info & Tips » Cara Menghandle Kucing

Cara Menghandle Kucing

Kucing dikenal dengan hewan yang pemilih dalam menentukan dengan siapa mereka mau disentuh atau dipegang, apalagi untuk dipelihara. Beberapa kucing tidak suka apabila mereka diambil dan akan berontak serta berusaha agar mereka tetep bebas berkeliaran. Ada teknik-teknik tertentu dalam handle (menangani) kucing secara benar agar kucing anda merasa nyaman bersama anda dan menikmati kesempatan untuk lebih dekat dengan anda. Apabila kucing anda telah merasa nyaman berada dipangkuan anda, maka anda akan lebih mudah dalam merawat dan melakukan grooming pada kucing anda serta memudahkan juga dalam melakukan pemeriksaan cedera atau bagian tubuh yang sakit. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghandle kucing secara benar.

 

Langkah awal

Waktu yang terbaik untuk mendapatkan kucing yang digunakan untuk penanganan (handle) yaitu saat kucing masih anak-anak (kitten). Kontak dengan kucing mulai rutin dilakukan saat kucing berumur sekitar dua atau tiga minggu. Saat kucing masih anak-anak merupakan waktu yang terbaik untuk kucing mulai belajar. Hal ini membantu agar anak kucing dapat belajar dengan lebih cepat dan juga menjadikan kucing merasa puas dan senang ditangani oleh manusia. Perlakukan kucing dengan lembut dan penuh dengan rasa kasih sayang. Kucing yang dipelihara dengan perlakukan yang tidak baik seperti dianiaya dan dibentak, hal ini membuat kucing tumbuh menjadi kucing yang penakut dan menjaga jarak dari orang-orang disekitarnya serta kucing akan sulit untuk dilatih. Kucing memiliki ingatan yang kuat dan mereka akan menghindari orang-orang atau anak-anak yang menangani mereka dengan kasar atau menarik ekornya.

 

Bagaimana cara mengambil dan membawa kucing (pick up a cat) ?

  1. Anak kucing (kitten) sebaiknya diambil dengan cara memegang bagian tengkuk dari leher kucing, dimana perlakuan ini sama seperti induk kucing membawa anaknya (Gambar 1).
  2. Ketika anak kucing tidak lagi dibawa oleh induknya seperti tersebut, maka kucing diambil dengan cara yang berbeda begitu juga dengan kucing dewasa (adult cat). Sejak saat itu, cara yang benar untuk mengambil kucing adalah:
    a. Dengan cara mengulurkan tangan anda dan ambil kucing dari atas.
    b. Kucing diambil dengan menempatkan tangan kanan pada bagian bawah dada (tulang rusuknya) tepat di belakang kedua kaki depan kucing.
    c. Kemudian arahkan posisi kucing dan ringkuk kucing dekat dengan tubuh anda.
    d. Gunakan tangan yang lain untuk memegang kucing di bawah bagian belakang tubuhnya. Buatlah posisi kucing kesayangan anda senyaman mungkin saat anda bawa (Gambar 2).
  3. Jangan menimang atau menggendong kucing anda dengan punggungnya ketika anda mengangkatnya. Ini merupakan posisi yang tidak wajar bagi kucing dan akan membuat kucing merasa tidak nyaman.
  4. Sebaiknya cobalah untuk menahan kucing anda setegak mungkin dengan meletakkan satu tangan anda pada ketiak kaki depan kucing dan juga memegang kaki depan kucing sehingga jari menyebrang satu sama lainnya. Posisikan jari telunjuk anda diantara kedua kaki depan kucing sehingga pegangan anda menjadi aman dan membuat kucing menjadi lebih nyaman. Sedangkan tangan yang lain diletakkan pada bagian bawah dari pantatnya.
  5. Perlu diperhatikan bahwa dalam mengambil seekor kucing hendaknya dilakukan dengan penuh kasih sayang.
Cara mengambil anak kucing

Sumber: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Holding_a_Kitten.jpg http://attackofthecute.com/on/?i=4462

Gambar 1 Cara mengambil anak kucing (kitten)

Cara mengambil kucing dewasa (adult cat)

Gambar 2 Cara mengambil kucing dewasa (adult cat) (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book)

Sebagai tips untuk anda, jangan pernah mencoba untuk mengambil kucing yang tidak mengenal anda. Pertama-tama biarkan dia mengendus dan menyelidiki anda. Kemudian cobalah untuk mengajak berbicara dengan nada tenang sambil mengelusnya. Apabila kucing tersebut telah terbiasa dengan anda, maka ia akan bersikap ramah dan berikutnya mungkin akan senang apabila anda mengambil atau menggendongnya. Apabila kucing tersebut terlihat gelisah, maka sebaiknya anda mengurungkan diri untuk mendekatinya. Gerakan yang tiba-tiba dapat membuatnya takut dan menyerang anda, lalu kemudian dia akan lari. Selain itu, apabila anda berhadapan dengan kucing liar maka perlakukan dia dengan lebih hati-hati.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!