Home » Info & Tips » Cara Membersihkan Telinga Anjing yang Benar

Cara Membersihkan Telinga Anjing yang Benar

Beberapa anjing akan menolak untuk dibersihkan telinga mereka terutama apabila anjing tidak dibiasakan untuk dibersihkan telinganya sejak masih anak-anak. Meskipun begitu, membersihkan telinga anjing bukan merupakan suatu pekerjaan yang susah apabila anda mengetahui cara yang benar dalam membersihkan telinga anjing. Sebaiknya rutinitas membersihkan telinga anjing mulai diperkenalkan sejak anjing masih anak-anak, dengan demikian anjing terbiasa dengan perlakuan tersebut dan tidak akan menolak ketika telinganya dibersihkan serta tentunya akan memudahkan pekerjaan anda dalam membersihkan telinga anjing anda.

Membersihkan telinga anjing sangat penting untuk dilakukan secara rutin agar tetap bersih dan sehat serta terhindar dari infeksi agen penyakit. Telinga anjing akan mudah sekali terinfeksi agen penyakit apabila tidak rutin dibersihkan. Hal ini disebabkan karena anjing memiliki bagian telinga dalam yang bentuknya berkelok-kelok sehingga sangat mudah bagi parasit, bakteri dan jamur untuk bersembunyi dan berkembang di dalamnya yang mengakibatkan telinga anjing menjadi infeksi. Sebaiknya telinga anjing dibersihkan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu atau berdasarkan saran dari dokter hewan. Adapun cara membersihkan telinga anjing yang benar yaitu sebagai berikut:

1. Persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang digunakan untuk membersihkan telinga kucing seperti cairan pembersih telinga, cotton bud, bola kapas, pinset atau hemostat.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan telinga kucing

Sumber: (http://www.vetmed.wsu.edu/cliented/dog_ears.aspx)

Gambar 1 Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan telinga anjing

2. Letakkan anjing anda di atas meja dan anda berdiri di sisi meja berlawanan dengan posisi telinga anjing.
Beberapa anjing juga menyukai apabila anda meletakkannya di atas pangkuan anda. Buatlah posisi yang membuat anjing merasa nyaman.

Posisi anjing di atas meja saat anda membersihkan telingan anjing

Sumber: (http://www.vetmed.wsu.edu/cliented/dog_ears.aspx)

Gambar 2 Posisi anjing di atas meja saat anda membersihkan telingan anjing

3. Sebelum membersihkan telinga anjing, terlebih dahulu buka atau angkat daun telinga anjing sehingga bagian dalam telinga terlihat.
Kemudian lakukan pemeriksaan pada telinga anjing terhadap adanya kelainan dan gangguan kesehatan seperti adanya bau busuk, terdapat benjolan, darah, luka pada telinga, kemerahan pada telinga dan sakit apabila dipegang. Apabila ada kelainan tersebut segeralah bawa anjing anda ke dokter hewan agar dapat diperiksa lebih lanjut dan untuk menghindari penyakit yang lebih serius.

Melakukan pemeriksaan pada telinga anjing sebelum dibersihkan

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 3 Melakukan pemeriksaan pada telinga anjing sebelum dibersihkan

4. Selain itu, periksalah rambut yang ada di sekitar lubang telinga anjing.
Apabila banyak ditemukan rambut pada lubang telinga anjing sebaiknya segera dicabut karena dapat mengurangi aliran udara ke dalam lubang telinga. Aliran udara yang baik ke dalam telinga sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Rambut yang ada di sekitar lubang telinga anjing dapat dicabut dengan tangan secara hati-hati atau menggunakan pinset atau hemostat.

Mencabut bulu yang ada di sekitar lubang telinga dengan tangan

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 4 Mencabut rambut yang ada di sekitar lubang telinga dengan tangan

Mencabut bulu yang ada disekitar lubang telinga dengan hemostat

Sumber: Dallas et al. 2006

Gambar 5 Mencabut rambut yang ada disekitar lubang telinga dengan hemostat

5. Teteskan cairan pembersih telinga sebanyak beberapa tetes.
Ujung botol cairan pembersih telinga dimasukkan sampai beberapa milimeter ke dalam lubang telinga agar cairan pembersih dapat masuk ke dalam lubang telinga. Hati-hati ketika ketika memasukkan ujung botol ke dalam lubang telinga. Jangan terlalu dalam dan terlalu kuat menekan ujung botol cairan pembersih ke dalam lubang telinga karena dapat memecahkan gendang telinga. Anjing biasanya akan mengoyangkan atau menggelengkan kepalanya begitu tetesan cairan pembersih masuk ke dalam telinganya untuk mengeluarkan cairan tersebut. Anda tidak perlu kawatir biarkan saja dan tidak usah meneteskannya lagi karena ini termasuk dalam proses pembersihannya.

Meneteskan cairan pembersih telinga

Sumber: (http://www.vetmed.wsu.edu/cliented/dog_ears.aspx)

Gambar 6 Meneteskan cairan pembersih telinga

6. Kemudian pijat dengan lembut bagian pangkal telinga anjing dengan cara menggabungkan tulang rawan di dasar telinga dengan ibu jari dan telunjuk untuk melepaskan kotoran yang di dalam telinga. Lakukan selama kurang lebih 60 detik.

Memijat bagian pangkal telinga anjing

Sumber: (http://www.vetmed.wsu.edu/cliented/dog_ears.aspx)

Gambar 7 Memijat bagian pangkal telinga anjing

7. Bersihkan serumen atau kotoran yang ada pada telinga anjing dengan bola kapas dengan ukuran yang lebih besar dari lubang telinga anjing.
Bersihkan semua celah-celah telinga tetapi jangan memaksa bola kapas ke dalam lubang telinga dan hanya membersihkan daerah-daerah yang anda bisa jangkau dengan mudah. Cotton bud hanya dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada disekitar telinga bagian luar tetapi jangan memasukkan cotton bud pada lubang telinga. Memasukkan cotton bud pada lubang telinga terlalu dalam dapat beresiko untuk merusak gendang telinga terutama ketika anjing tiba-tiba bergerak. Selain itu, juga dapat memasukkan kotoran telinga lebih dalam ke dalam saluran telinga. Hindari untuk membersihkan bagian dalam telinga anjing kecuali dokter hewan atau orang yang profesional melakukannya.

Cara membersihkan telinga kucing dengan bola kapas dan cotton bud

Sumber: (http://www.vetmed.wsu.edu/cliented/dog_ears.aspx)

Gambar 8 Cara membersihkan telinga kucing dengan bola kapas dan cotton bud

8. Selama anda membersihkan telinga anjing anda lakukan dengan penuh kasing sayang dan ajaklah ia berbicara dengan nada suara lembut agar anjing anda merasa nyaman saat anda membersihkan telinganya.
Setelah selesai membersihkan telinga berikan ia pujian dan hadiah berupa makanan kesukaannya serta berikan perlakuan yang membuat anjing anda senang seperti mengelusnya dengan lembut.

 

 

Sumber:

Dallas et al. 2006. Grooming Manual for The Dog and Cat. UK: Blackwell Publishing.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

Berbagai Jenis Ektoparasit yang Dapat Menginfeksi Anjing

Parasit dapat hidup di luar (di permukaan tubuh) ataupun di dalam tubuh induk semang. Parasit ...