Home » Info & Tips » Cara Membersihkan Gigi Kucing Kesayangan Anda

Cara Membersihkan Gigi Kucing Kesayangan Anda

Berbeda dengan manusia, kucing tidak bisa membersihkan atau menyikat giginya sendiri. Secara naluri, kucing merawat giginya dengan cara mengunyah tulang dan rumput ketika ia berada di lingkungan luar. Oleh karena itu, anda harus rutin membersihkan gigi kucing anda terutama apabila kucing hanya berada di dalam ruangan. Membersihkan gigi kucing penting untuk dilakukan agar kesehatan gigi kucing tetap terjaga. Apabila anda tidak membersihkan gigi kucing secara rutin akan mengakibatkan terjadinya bau mulut, penyakit pada gusi, terbentuk karang gigi dan penumpukan plak yang berlebihan serta terjadinya perubahan warna dan abses pada gigi. Biasanya apabila terjadi masalah kesehatan pada gigi kucing, mengakibatkan kucing tidak mau makan karena kesulitan untuk mengunyah makanan. Sebaiknya gigi kucing dibersihkan atau disikat secara rutin setiap hari atau setidaknya dua kali seminggu.

Sebaiknya membersihkan atau menyikat gigi kucing diperkenalkan secara rutin kepada kucing sejak ia masih anak-anak, sehingga kucing anda akan terbiasa dan merasa nyaman dengan perlakuan ini. Kucing yang tidak dibiasakan untuk dibersihkan atau disikat giginya sejak ia masih anak-anak, biasanya tidak merasa nyaman dan menolak giginya di bersihkan. Untuk mengatasi hal ini, kucing sebaiknya diperkenalkan dengan perlakuan ini secara berlahan-lahan dengan kelembutan dan kesabaran. Lama-kelamaan kucing akan mulai terbiasa dan merasa nyaman dengan rutinitas ini.

Berikut ini tips cara membersihkan atau menyikat gigi kucing kesayangan anda antara lain:

1. Siapkan alat dan bahan untuk membersihkan atau menyikat gigi kucing terlebih dahulu seperti pasta gigi (menghindari rasa yang pedas atau rasa mint, sebaiknya gunakan pasta gigi dengan rasa makanan) dan sikat gigi khusus kucing atau bisa juga sikat gigi anak-anak.

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membersihkan atau menyikat gigi kucing

Sumber: http://www.drsfostersmith.com

Gambar 1 Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membersihkan atau menyikat gigi kucing

2. Peganglah kepala kucing dengan kuat tetapi tidak kasar, lalu buka mulut kucing dengan menekan ujung kedua sudut mulut dengan jari tengah dan jempol anda. Sedangkan tangan anda yang lainnya membuka atau menarik ujung depan rahang bawah. Selain itu, dapat juga dengan cara langsung membuka pipi dari samping, tanpa harus membuka rahang.

3. Oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan gigi dan perbatasan gigi dengan gusi sambil memijat-mijat bagian tersebut dengan jari anda. Sebaiknya gunakan pasta gigi untuk kucing yang memiliki rasa makanan (daging), biasanya kucing menyukainya. Pasta gigi khusus untuk kucing dapat anda beli pets shope yang ada di kota anda.

4. Kemudian sikatlah gigi kucing anda dengan sikat gigi khusus kucing atau bisa juga menggunakan sikat gigi anak-anak dengan gerakan memutar pada setiap gigi kucing. Penyikatan pada setiap gigi dapat dilakukan selama beberapa detik (kurang lebih 30 detik) sampai setiap gigi kucing bersih. Sikat gigi khusus kucing ada bermacam-macam bentuk diantaranya sikat gigi yang ditempelkan di ujung jari dan ada juga sikat gigi yang terdiri dari 3 sisi sikat (bisa menyikat permukaan gigi bagian luar, dalam dan atas sekaligus).

Cara menyikat gigi kucing

Sumber: Bryan-Dennis 2013; http://acton.goddardvetgroup.co.uk

Gambar 2 Cara menyikat gigi kucing

5. Setelah anda selesai menyikat gigi kucing anda, berikan ia pujian atau hadiah dengan cara memberikan perlakuan yang membuat kucing anda senang seperti mengelusnya atau memberikan makanan favoritnya.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...