Home » Info & Tips » Cara Membedakan Kucing Persia dan Anggora

Cara Membedakan Kucing Persia dan Anggora

Kucing persia dan anggora termasuk jenis ras kucing yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Kedua jenis kucing ini merupakan hewan kesayangan yang banyak dipelihara. Kucing ini banyak dipelihara karena bentuknya yang lucu dengan bulu yang indah dan halus. Kedua ras kucing ini termasuk ke dalam ras kucing yang berambut panjang. Meskipun banyak yang mengenal dan memelihara kedua jenis kucing ini, tetapi masih banyak juga yang tidak tau atau bingung membedakan keduanya. Artikel berikut ini akan membahas mengenai cara membedakan kucing persia dan anggora.

A. Daerah asal

 Kucing Persia

Kucing persia adalah ras kucing yang termasuk berbulu panjang atau disebut juga dengan Longhair cat. Kucing ini berasal dari Persia (sekarang Iran) yang pertama kali dibawa atau diperkenalkan ke negara Italia sekitar tahun 1620-an oleh seorang Pietro Della Valle dan kemudian diperkenalkan atau dibawa pula dari negara Turki ke negara Perancis oleh Nicholas Claude fabri de Peiresc sehingga akhirnya bisa terkenal hingga ke Indonesia.

peta daerah asal kucing persia

Gambar 1 Peta daerah asal kucing Persia

Kucing Anggora

Kucing anggora merupakan salah satu kucing ras tertua.  Kucing anggora berasal dari Angora (sejak tahun 1930 disebut dengan Ankara) sebuah kota di Turki yang konon dikenal sejak tahun 1600-an. Kucing anggora dikenal juga dengan kucing Anggora Turki (Turkish Angora) atau dikenal juga dengan sebutan kucing Ankara Kedisi. Sebenarnya ras kucing anggora Turki yang asli, bermata biru dan bulunya hanya berwarna putih.

peta daerah asal kucing anggora

Gambar 2 Peta daerah asal kucing anggora

 

B. Bentuk Wajah

 Kucing persia

  • Kucing persia memiliki bentuk wajahnya besar dan bulat, dengan hidung yang kebanyakan pesek (untuk Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk Persia Medium).
  • Jika kamu memperhatikan bagian samping dari kucing ini, dahi, hidung dan dagu terlihat datar.
  • Mata dari kucing persia juga bervariasi dibanding si kucing a Kebanyakan mata kucing persia berbentuk bulat dan lebar.
  • Telinga kucing persia berujung bulat dengan bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan.

Kucing anggora

  • Kucing anggora memilki bentuk wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung, bentuknya sedikit segitiga dengan hidung yang sedikit mancung.
  • Telinganya cenderung runcing dan panjang.
  • Memiliki mata besar, bulat hingga oval sedikit merosot. Warna mata beberapa kucing anggora ada yang berbeda antara kanan dan kiri. Warna mata biasanya hijau, emas, tembaga atau biru.

Bentuk wajah kucing anggora (kiri) dan persia (kanan)

Gambar 3 Cara membedakan kucing persia dan anggora dari bentuk wajah. Bentuk wajah kucing anggora (kiri) dan persia (kanan) (https://www.askideas.com)

 

C. Badan

 Kucing Persia

  • Bentuk badan kucing persia terlihat lebih gemuk, dada lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat. Ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah (cobby)
  • Badannya juga tidak setinggi kucing Anggora, karena bisa dilihat dari kakinya yang pendek namun kokoh yang ditopang oleh tulang yang berukuran besar. Kaki depan dan belakang lurus jika dilihat dari belakang.
  • Cakarnya besar, membulat dan kokoh. Lima jari di kaki depan dan empat jari di kaki belakang
  • Ekor kucing persia tebal, lurus panjang dan tidak kusut.

Kucing Anggora

  • Ukuran tubuh kucing Anggora ini bisa dibilang ideal, ia terlihat langsing kemudian ototnya tidak menonjol.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi dengan kaki belakang lebih panjang dari kaki depan.
  • Memiliki cakar yang kuat dan kokoh.
  • Memiliki ekor yang panjang dan meruncing serta melebar di dasarnya.

Bentuk badan kucing persia (kiri) dan anggora (kanan)

Gambar 4 Bentuk badan kucing persia (kiri) dan anggora (kanan)

 

D. Rambut

 Kucing persia

Kucing persia dikenal sebagai kucing dengan rambutnya yang panjang dan tebal serta mengkilap menutupi seluruh badan. Khususnya untuk kucing persia berdarah murni biasanya rambut dari kepala, leher hingga ekor ditutupi oleh rambut yang tebal.

Kucing Anggora

Kucing anggora umumnya memiliki rambut yang tebal tetapi tidak setebal kucing persia, namun pada ekor kucing anggora bulunya paling panjang dan tebal bahkan disebut sebagai ekor musang karena kemiripannya. Pada bagian wajah, bulu yang dimiliki kucing anggora tidak tebal maupun panjang sehingga lebih cenderung sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing lokal.

 

E. Kepribadian

 Kucing Persia

  • Kucing persia terkenal dengan sifatnya yang kalem, penurut, sedikit malas dan manja. Berdasarkan sifat inilah kucing persia menjadi kucing peliharaan para bangsawan pada jaman dahulu.
  • Kucing persia senang hidup sebagai kucing rumahan dan bermain bersama pemiliknya.

Kucing Anggora

  • Kucing Anggora umumnya lebih aktif, lincah, gesit, energik, senang bermain dan penurut.
  • Kucing Anggora cukup cerdas, suka berinteraksi dengan manusia, punya rasa ingin tahu yang tinggi, mudah dilatih, beradaptasi dan ramah dengan manusia maupun hewan lain.
  • Kucing angora juga termasuk kucing yang setia kepada pemiliknya dan senang bermain dengan pemiliknya.
  • Kucing anggora juga sangat aktif mencari tempat tertinggi, jadi jangan kaget jika kita menemukan kucing anggora berada di atas lemari atau rak buku.

 

F. Aktivitasnya

Kucing Persia

Berdasarkan  sifatnya yang sedikit malas, kucing persia saat beraktivitas tidak seenergik kucing anggora. Kucing ini cenderung lebih suka diam di tempat ataupun istirahat. Cara berjalannya pun juga lambat dan terlihat manja.

Kucing Anggora

Kucing anggora senang dudukdi lantai atau di sekitar pemiliknya, ia juga lebih waspada dengan sekitar dan suka pergi mencari tempat yang tinggi di rumah untuk dinaiki, ia juga suka bermain dan berlari-lari dengan temannya ataupun pemiliknya. Cara berjalan kucing anggora juga luwes, terlihat menggemaskan apabila kita memperhatikannya sedang berjalan.

aktifitas kucing persia dan anggora

Gambar 5 Sifat kucing persia cenderung pemalas (kiri) sedangkan kucing anggora lebih aktif

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...