Home » Info & Tips » Cara Grooming pada Kucing Jenis Berambut Pendek

Cara Grooming pada Kucing Jenis Berambut Pendek

Grooming pada kucing merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar kucing anda tetap terlihat prima, bersih dan terhindar dari infeksi parasit serta kulit dan rambut terlihat sehat. Kucing biasanya sulit dan menolak untuk dilakukan grooming, jika mereka tidak dibiasakan terhadap hal ini. Pengenalan sedini mungkin terhadap grooming dan peralatannya dapat membantu kucing terbiasa dengan rutinitas ini. Hindari suara keras secara tiba-tiba pada saat melakukan grooming pada kucing karena hal ini membuat kucing merasa tidak nyaman dan kaget. Kondisi yang tenang merupakan tempat yang terbaik melaukan grooming.

Kucing jenis berambut pendek lebih mudah dalam merawatnya dan biasanya kucing dapat membersihkan dirinya sendiri untuk menjaga agar rambut mereka dalam kondisi prima. Meskipun demikian, grooming terhadap kucing jenis berambut pendek perlu juga dilakukan sekali dalam seminggu dan dua kali dalam seminggu pada kucing untuk pertunjukan. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kedekatan anda dengan kucing anda dan memungkinkan anda untuk memeriksa kelainan atau permasalahan kesehatan pada kucing seperti benjolan atau masalah kulit pada kucing.

Cara melakukan grooming pada kucing jenis berambut pendek adalah sebagai berikut:

1. Sisirlah rambut kucing dengan menggunakan sisir jenis sisir kutu (flea comb) atau jenis sisir bergigi halus (fine-toothed comb) dan bergigi rapat.
Mulailah menyisir bulu kucing dari kepala ke arah ekor. Menarik sisir bergigi rapat pada rambut kucing harus hati-hati. Gulirkan sisir pada rambut kucing dengan lembut dan berlahan pada daerah perut dan ketiak kucing.

Cara menyisir bulu pada kucing jenis berbulu pendek

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 1 Cara menyisir rambut pada kucing jenis berambut pendek

2. Kemudian sikat rambut kucing dengan arah yang sama dengan arah rambut  menggunakan jenis slicker brush untuk membersihkan rambut yang lepas dan kulit mati.

Cara menggunakan sikat pada kucing jenis berbulu pendek

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 2 Cara menggunakan sikat pada kucing jenis berambut pendek

3. Setelah itu, gunakan palm brush atau kain chamois atau sehelai kain sutra untuk menyemir atau menggosok rambut kucing agar terlihat lebih menarik dan mengkilat.
Pastikan anda berhati-hati ketika menyentuh daerah yang sensitif pada kucing seperti telinga, ketiak, perut dan ekor. Apabila kucing anda telah merasa relaks atau bergelung, mulailah untuk menggunakan sikat yang sangat lembut atau sarung tangan grooming yang terbuat dari karet pada daerah sensitif dari kucing. Menggunakan sikat atau sarung tangan grooming yang berbahan keras dapat menyebabkan kucing merasa tidak nyaman.

Menyemir atau menggosok bulu kucing dengan kain chamois

Sumber: (http://moggycat13.tripod.com/id37.html)

Gambar 3 Menyemir atau menggosok rambut kucing dengan kain chamois

Sumber:

Bryan-Dennis K. 2013. The Complete Cat Breed Book. London: DK.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!