Home » Anatomi & Fisiologi » Bagian-Bagian Dari Neuron

Bagian-Bagian Dari Neuron

Sel saraf atau neuron merupakan unit fungsional pada sistem saraf. Neuron yang terdapat dalam tubuh bentuknya bermacam-macam bergantung pada tempat beradanya dan fungsinya. Sitoplasma sel neuron mengandung organel-organel antara lain badan golgi, mitokondria, dan retikulum endoplasma. Untuk kelangsungan hidupnya, neuron mendapatkan suplai makanan melalui neuroglia yang terdapat di sekitarnya. Neuron memiliki badan sel, dendrit, dan neurit (akson). Berikut akan diuraikan masing-masing bagian neuron tersebut.

  1. Badan sel

Badan sel merupakan bagian utama sel saraf yang mengandung inti, sitoplasma, membran sel, dan mengandung satu atau lebih percabangan sel yang berbentuk ramping, amat panjang, dan bercabang-cabang. Percabangan badan sel saraf ini terdiri atas dendrit dan akson. Di dalam sitoplasma badan sel saraf terdapat organel sel yang terdiri atas mitokondria, badan golgi, lisosom, dan badan niessl. Badan niessl ini sebenarnya adalah retikulum endoplasma yang berperan penting untuk sintesis protein.

 

  1. Dendrit

Dendrit adalah perpanjangan sitoplasma badan sel saraf. Biasanya mengalami percabangan dalam jumlah yang cukup banyak. Dendrit bersama dengan perikarion membentuk daerah utama untuk menerima rangsangan, kemudian membawanya ke badan sel saraf. Jadi, fungsi utama dendrit adalah membawa rangsangan menuju badan sel saraf. Pada ujung-ujung setiap percabangan dendrit terdapat bentolan sangat halus yang berguna untuk menempelkan dirinya ke saraf lain.

Baca juga mengenai: Jenis-Jenis Jaringan Otot

 

  1. Neurit (akson)

Neurit atau akson merupakan perpanjangan sitoplasma badan sel saraf. Neurit juga mengalami percabangan tunggal yang sangat panjang seperti halnya ujung-ujung dendrit. Pada ujung-ujung neurit terdapat bentolan-bentolan yang sangat halus untuk menempelkan dirinya pada sel saraf lain. Neurit berfungsi untuk membawa rangsangan meninggalkan badan sel saraf menuju sel saraf lain atau jaringan, seperti kelenjar dan otot. Akson terbentuk oleh tiga bagian, yaitu neurilemma (sel schwan), selubung mielin, dan nodus ranvier. Neurilemma atau sel schwan ini merupakan penyokong akson pada beberapa hewan vertebrata. Selubung mielin adalah selubung lemak yang terdapat di sekeliling akson. Selubung mielin ini terdiri atas membran sel yang meluas dari sel schwan, tetapi tidak semua akson diselubungi mielin, misalnya pada tempat pertemuan antara satu selubung dari satu sel schwan dan selubung berikutnya. Nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat jalannya impuls saraf. Selain mielin, akson juga memiliki pelindung yang tersusun atas sel-sel schwan. Sel-sel inilah yang memuat selubung mielin membran sel schwan terluar, disebut neurilemma. Neurilemma hanya terdapat pada sistem saraf tepi.

bagian-bagian-dari-neuron

Gambar 1 Struktur sel saraf dan bagian-bagiannya

 Baca juga mengenai: Macam-Macam Jaringan Ikat

 

Sumber:

Bakhtiar S. Biologi. 2011. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Ferdinand F, Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Purnomo, Sudjino, Trijoko, Hadisusanto S. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

Penggolongan Neuron

Berdasarkan struktur atau bentuknya, neuron atau sel saraf dibagi menjadi tiga, yaitu neuron unipolar, bipolar, ...

error: Content is protected !!