Home » Info & Tips » Bagaimana cara mengelus kucing ?

Bagaimana cara mengelus kucing ?

Pelajarilah bagian tubuh mana dari kucing anda yang membuat dia paling suka untuk dielus. Bagian atas kepala khususnya di belakang telingan sering menjadi tempat favorit bagi kucing untuk dielus (Gambar 1). Kucing tidak bisa menjangkau bagian ini dan ini juga mengingatkan mereka ketika induk mereka menjilat mereka pada bagian tersebut. Beberapa kucing juga senang dielus di bagian bawah dagu. Mengusap pipi dengan gerakan memutar populer pada kebanyakan kucing, karena membantu mereka menyebarkan bau ke jari-jari Anda. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengelus kucing.

  1. Cobalah untuk tidak mengelus kucing anda kecuali dia bersedia untuk dielus.
  2. Apabila kucing anda mencoba untuk menyentuh anda dengan hidung atau menggosokkan pipinya maupun tubuhnya pada anda, maka petanda bahwa dia dalam mood yang baik untuk dielus (Gambar 2).
  3. Apabila dia tidak menunjukkan minat untuk disentuh atau dielus, maka biarkan sampai lain waktu.
  4. Setelah kucing anda setuju untuk dielus, mulailah dengan mengelus di sepanjang punggungnya dengan lambat dan gerakan yang kontinyu.
  5. Usahakan untuk mengelus kucing anda dari kepala sampai ke ekornya dan jangan pernah melakukan sebaliknya.
  6. Apabila kucing anda menikmatinya, ia akan melengkungkan punggungnya agar meningkatkan tekanan tangan anda.
Mengelus atau menggaruk kepala (head scratching)

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 1 Mengelus atau menggaruk kepala (head scratching) merupakan perlakuan sangat disukai kucing (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book)

Tanda-tanda kucing dalam mood yang baik untuk dielus

Sumber: Bryan-Dennis 2013

Gambar 2 Tanda-tanda kucing dalam mood yang baik untuk dielus (Bryan-Dennis 2013 pada buku The Complete Cat Breed Book)

Kucing mungkin juga suka untuk digaruk dengan jari, tetapi jangan berhenti dan menggaruk hanya di satu tempat. Kebanyakan kucing tidak suka ditepuk-tepuk terutama di sepanjang panggul. Ketika kucing anda melompat ke pangkuan anda, cobalah mengelusnya sekali untuk melihat apakah dia ingin perhatian atau hanya mencari tempat yang hangat untuk tidur. Apabila kucing anda gelisah atau mengedutkan ekornya, berhentilah mengelusnya. Seekor kucing yang menikmati elusan anda biasanya merubah posisinya sehingga bagian dari tubuh yang ingin dielus adalah yang paling atas dan paling dekat dengan tangan anda.

Beberapa kucing suka bermain-main dengan menangkap dan menggigit tangan anda ketika anda mencoba untuk mengusap perut mereka. Apabila kucing mulai mencakar, maka sebaiknya anda diam sampai ia menghentikannya. Jangan mencoba untuk mendorong kucing secara tiba-tiba karena akan membuatnya terkejut. Secara umum, ketika anda berhenti mengusap perutnya maka kucing juga ikut berhenti. Apabila kucing mencoba menendang kaki belakangnya ke tangan anda, jangan menganggap bahwa ia akan mencakar anda. Cobalah untuk mengelus satu kakinya secara lembut dengan jari searah dengan bulunya. Apabila kucing menarik kakinya untuk menjauh dari anda, menurunkan telinganya atau berjalan pergi, maka biarkan kucing anda pergi.

Perhatikankanlah bahasa tubuh kucing anda dan anda harus berhenti mengelus apabila kucing terlihat marah. Hati-hati apabila kucing tidur terlentang dan mengekspos perutnya karena hal ini tidak selalu merupakan petanda kucing ingin mengajak anda bermain. Posisi kucing seperti ini dapat juga sebagai pertahanan diri supaya ia bisa bebas untuk menendang, menggigit atau mencakar. Apabila anda salah menilai bahasa tubuh dari kucing sehingga anda digigit atau dicakar yang mengakibatkan kulit anda terluka, maka segeralah untuk mencuci luka dan olesi dengan antiseptik. Apabila luka anda membengkak dan meradang sebaiknya periksakan ke dokter.

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.

x

Check Also

9 Penyebab Rambut Kucing Rontok

Rambut merupakan bagian terpenting dari kucing. Rambut berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh kucing dari ...

error: Content is protected !!