Home » Info & Tips » Apa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan?

Apa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan?

penyebab-kucing-tidak-mau-makan

Salah satu keluhan yang sering dialami para pecinta kucing (catlovers) yaitu kucing kesayangan mereka tidak mau makan. Tentunya anda akan dibuat pusing jika kucing kesayangan anda tidak mau makan. Berbeda dengan manusia yang mudah untuk mengetahui penyebab mereka tidak mau makan, pada kucing sangat susah untuk mengetahuinya karena mereka tidak bisa memberi tahu kita apa yang mereka rasakan dan kenapa mereka tidak mau makan. Pasti yang terlintas dalam benak kita yaitu apa penyebab kucing tidak mau makan?

Bahaya kucing tidak mau makan yaitu akan membuat tubuhnya menjadi lemas karena asupan gizi bagi tubuh tidak tercukupi. Apabila terus berlangsung kucing akan mengalami penurunan berat badan yang akan berdampak buruk pada kesehatan kucing bahkan dapat menyebabkan kematian. Kucing berbeda dengan hewan lainnya, ia dapat lebih rentan atau mudah terserang penyakit jika tidak mau makan satu hari saja. Umumnya hewan yang tidak makan, energi atau tenaga yang dihasilkan untuk proses fisiologi tubuh tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan pada jaringan tubuh hewan tersebut. Namun hal ini berbeda dengan kucing, sistem fisiologi tubuh kucing tidak dapat membakar lemak dengan baik di jaringan tubuh.

Kucing yang tidak makan akan mengakibatkan organ hatinya menjadi rusak. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembakaran lemak pada kucing terjadi perubahan metabolism yang menyebabkan rusaknya jaringan organ di hati yang disebut dengan hepatik lipidosis. Hepatik lipidosis yakni rusaknya hati dengan berubahnya jaringan organ hati menjadi suatu jaringan baru yang mirip jaringan lemak dan efeknya yaitu hati tidak dapat berperan seperti seharusnya serta pada akhirnya dapat meningkatkan kemungkinan atau mengakibatkan kematian pada kucing. Masalah seperti ini dapat diatasi apabila kucing memperoleh jumlah kalori serta nutrisi yang cukup dari makanan. Oleh karena itu, janganlah sampai kucing kesayangan anda tidak makan seharian. Untuk mengatasi hal ini tentuk kita harus tahu apa penyebab kucing tidak mau makan. Berikut ini akan dijelaskan penyebab kucing tidak mau makan.

1. Bosan dengan makanan yang diberikan

Sama halnya seperti kita, jika kita diberikan makanan yang sama dalam jangka waktu lama tentu kita akan menjadi bosan sehingga tidak nafsu untuk memakannya,  begitu juga dengan kucing. Kucing juga akan menjadi bosan jika terus diberikan makanan yang sama dalam jangka waktu lama.

1. Terserang penyakit pada bagian mulut

Kucing yang mengalami sakit gigi atau luka pada mulutnya akan menyebabkan kucing tersebut tidak mau makan. Hal ini disebabkan karena rasa sakit yang dirasakan jika mereka mengunyah atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sebaiknya periksa mulut kucing apakah ada luka atau tidak serta giginya ada yang rusak atau tidak. Biasanya apabila ada luka pada mulut kucing akan mengakibatkan bau yang tidak sedap pada mulut kucing.

1. Ada masalah pada sistem pencernaan

Kucing memiliki metabolism yang kurang baik dibandingkan dengan hewan lain. Kucing yang mempunyai masalah pada sistem pencernaanya bisanya menyebabkankucing tersebut  tidak mau makan karena merasa mual atau merasakan rasa sakit pada tubuhnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan yaitu sebagai berikut:

• Terdapat benda asing di dalam saluran pencernaan kucing yang dapat menyebabkan nyeri dan penyumbatan. Bisanya kucing suka memakan yang bukan makanannya atau benda asing yang terbawa melalui makanan seperti rambut (hair ball).
  • Radang akut atau kronis pada membrane yang melapisi usus besar.
  • Parasit seperti cacing dan protozoa di saluran pencernaan.
  • Pankreatitis (peradangan pada pankreas).
  • Kangker usus (limfoma usus).
  • Perubahan lingkungan bakteri di

Cara mengenali kucing yang mengalami gangguan pencernaan yaitu ditandai dengan penurunan berat badan, lemah, lesu, diare, muntah dan sembelit yang dapat dilihat pada feses kucing.

1. Sakit

Sama halnya dengan kita, kalau sakit biasanya kucing juga tidak mau makan. Hal ini terlihat dari perilaku kucing yang berubah dari aktif menjadi sering tidur dan malas, terlihat lemah dan lesu serta terjadi perubahan suhu tubuh .

1. Stress

Ada beberapa kondisi yang dapat membuat kucing stress yang berdampak pada kucing yang tidak mau makan diantaranya sebagai berikut:

• Kucing yang berada pada lingkungan yang baru biasanya mengalami stress karena kucing perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan baru yang menurut mereka masih asing.
  • Kucing yang dalam fase birahi atau ingin kawin. Kucing yang dalam fase ini biasanya rentan tertekan dan terjadi penurunan nafsu makan terutama jika kucing tersebut belum dikawinkan atau belum ada pasangannya.