Home » Info & Tips » 10 Manfaat Kefir Bagi Kesehatan

10 Manfaat Kefir Bagi Kesehatan

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang kental, sedikit berkarbonasi dan mengandung alkohol dalam jumlah yang kecil, produk ini diyakini berasal dari pegunungan Kaukasia di wilayah bekas Uni Soviet. Produk ini memiliki rasa asam beralkohol serta konsistensi seperti krim dan sedikit berbuih. Kombinasi CO2-alkohol pada kefir menghasilkan buih membentuk karakter mendesis.

Baca juga mengenai: Apa Itu Kefir?

Kefir merupakan minuman yang bergizi tinggi dengan kandungan gula susu (laktosa) yang lebih rendah dibandingkan susu murni serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi kefir bagi masyarakat Rusia dianggap penting karena kemampuan probiotik dan peranan sebagai penunjang kesehatan. Adapun 10 manfaat dari kefir bagi kesehatan yaitu sebagai berikut:

  1. Konsumsi kefir dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
    Zat antibodi dan metabolit dari mikroba dalam kefir berkontribusi terhadap peranan penunjang kesehatan.
  2. Kefir mudah dicerna sehingga cocok untuk individu yang menderita lactose intoleranct
    Kefir mudah dicerna oleh alat pencernaan individu yang menderita lactose intoleranct karena laktosa susu telah dicerna menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktase dari mikroba starter.
  3. Kefir juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit metabolisme
    Beberapa penyakit metabolism yang dapat disebuhkan dengan meminum kefir yaitu: diabetes, asma, dan jenis tumor tertentu.
  4. Mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh
  5. Kefir bermanfaat sebagai antibakterial
  6. Kefir bermanfaat sebagai antifungal
  7. Kefir bermanfaat sebagai antikarsinogenik, sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit kangker (cancer)
  8. Kefir telah dipergunakan secara luas di rumah sakit Rusia sebagai makanan bagi pasien yang mengalami kelainan metabolisme seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit alergi dan arteriosclerosis
  9. Kefir digunakan sebagai pengobatan untuk tuberkulosis dan gangguan pencernaan
  10. Digunakan untuk makanan bagi anak-anak usia dini (anak-anak dibawah 6 tahun).

Baca juga mengenai: Perbedaan Antara Probiotik, Prebiotik dan Simbiotik

 

 

Sumber :

Fuquay JW, Fox PF, McSweeney PLH. 2011a. Encyclopedia of Dairy Sciences. Ed ke-2. London: Academic Press.

Otes S and Cagindi. 2003. Kefir: A Probiotic Dairy-Composition, Nutritional and Therapeutic Aspects. Pakistan Journal of Nutrition 2 (2): 54-59.

Otsoa FL, Rementeria A, Elguezabal N, Garaizar J. 2006. Kefir: A Symbiotic Yeasts-Bacteria Community with Alleged Healthy Capabilities. Rev Iberoam Micol 23: 67-74.

 

About Debby Fadhilah

Keahlian saya dibidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (penyakit zoonotik) serta dibidang higiene pangan dan keamanan pangan (food safety) terutama pangan asal hewan. Saya juga sebagai Tenaga Ahli untuk pangan di PT. ASRInternasional Indonesia.
x

Check Also

5 Manfaat Susu Fermentasi Bagi Kesehatan

Susu fermentasi merupakan salah satu produk olahan susu, yang diperoleh melalui proses fermentasi mikroorganisme tertentu ...